Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Tamu Hotel Salak Berhamburan Keluar Kamar, 5 Mobil Damkar Dikerahkan

BOGOR -Kebakaran kecil terjadi di ruang Kinanti Hotel Salak The Heritage. Kejadian itu membuat smoke detector berbunyi keras.

Para tamu hotel pun langsung berhamburan keluar dari kamar. Mereka berkumpul di halaman hotel yang berlokasi di Jalan Ir Haji Juanda No8, Kota Bogor ini.

“Bunyinya dari lantai dua ruang Kinanti,” ujar Yogi, karyawan hotel kepada Pojokjabar di lokasi, Senin malam (16/10/2017).

Ia tak mengetahui persis kejadian tersebut. Ia baru menyadari ada kejadian di Hotel Salak ketika mendengar bunyi keras dan para penghuni hotel berlarian keluar dari kamar.

Kejadian diperkirakan sekitar pukul 20.30 WIB. Selang setengah jam, armada pemadam kebakaran tiba di lokasi. Sebanyak lima unit mobil damkar berjejer memadati jalan.

Satu unit damkar masuk menerobos pintu. Sebanyak 10 orang petugas damkar merangsak masuk ke dalam hotel. Sambil menarik selang, petugas berpakaian orange ini mencari sumber asap.

“Sudah padam tapi khawatir ada listrik,” katannya kepada petugas lain.

Sekadar Infromasi, Hotel Salak The Heritage merupakan salah satu hotel warisan sejarah. Bangunan ini yang dibangun pada masa penjajahan Belanda, pada tahun 1900-an.

Pada awal berdirinya, Hotel Salak diberi nama Dibbets Hotel, yang kemudian diubah menjadi NV Amerika Hotel pada tahun 1913.

Dalam perkembangannya, NV Amerika mengalami kebangkrutan hinga pada tahun 1922, EA Dibbets sebagai pemegang saham utama di NV Amerika mengembalikan nama hotel ini kembali menjadi Dibbets Hotel.

Sepuluh tahun kemudian, pada 1932, kepemilikan saham hotel berpindah ke pemilik baru, dan nama hotel diubah menjadi Bellevue-Dibbets Hotel.

Pada tahun 1950, dilakukan renovasi baik terhadap bangunan maupun fasilitas hotel, yang kemudian diberi nama Hotel Salak. Pada perkembangannya, sekitar tahun 1998, nama hotel ini diubah kembali menjadi Hotel Salak The Heritage.don/pjbr)

Berita Lainnya
Leave a comment