Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Gangguan di PLTU Lontar, Tangerang Gelap 2 Jam

TANGERANG–Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar di Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang mengalami gangguan transmisi, Selasa (17/10). Imbasnya, terjadi pemadaman listrik di Tangerang raya selama berjam-jam. Listrik berangsur-angsur kembali normal pada pukul 04.00 sejak padam sekitar pukul 02.00.
Lokasi-lokasi yang terjadi pemadaman hampir merata di Tangerang. Mulai Kecamatan Mauk, Pasarkemis, sampai Kota Tangerang. Pemadaman juga terjadi di objek-objek vital seperti Kantor Imigrasi, Pengadilan Negeri, Kantor Kejaksaan, Kodim, Mapolsek Tangerang, dan sejumlah kantor instansi lainnya.

PT PLN (Persero) Cabang distribusi Banten meminta maaf kepada warga Tangerang atas pemadaman ini. Humas PT PLN (Persero) Devi Anggun Oktaviani menjelaskan, pemadaman disebabkan terjadi gangguan pada PLTU Lontar yang berada di wilayah Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang. Akibat gangguan tersebut, sistem transmisi ke gardu induk pun terganggu sehingga terjadi pemadaman di beberapa gardu induk seperti GI Lontar, GI Teluknaga, GI Tangerang Baru, GI Maximangando dan GI Cengkareng.

“Ada gangguan pada sistem kelistrikan. Permasalahannya sangat kompleks. Mohon maaf atas ketidaknyamanan selama proses perbaikan sistem ini,” katanya.
Manajer Area PLN Cikokol Edy Muktasim Billah menjelaskan, awalnya terjadi gangguan pada penyulang 20 KV pada kabel tegangan menengah. “Penyulang itu semacam kabel untuk menyuplai ke travo-travo listrik. Atas gangguan tersebut, terjadi kebocoran dari gardu induk ke gardu utama,” ujar Edy.
Lebih detail, Edy menjelaskan pada saat terjadi gangguan yang pertama, ditemukan titik gangguan kabel antara Gardu Induk – Gardu PJ 32, tepatnya ada di pinggir jalan raya depan RS Hermina. Beban-beban listrik kemudian dialihkan lewat jaringan kabel tanah 20.000 Volt. “Bisa dikatakan jalur atas dan jalur bawah terputus suplainya. Di antara dua segmen tadi terdapat 10 gardu PLN yang akhirnya padam. Lalu berimbas ke beberapa gardu PLN yang menyuplai ke beberapa tempat seperti Lapas Pemuda, GOR, Kodim dan lampu merah Tugu Adipura yang juga padam,” ujarnya.
Tiga tim diturunkan untuk mendeteksi gangguan tersebut. Dua tim untuk melakukan pendeteksian dengan menggali dua titik yakni di depan RS Hermina, Pasar Baru dan di depan SPBU Cikokol. Sejumlah personel Polantas dan TNI ikut mengamankan jalannya proses penggalian penyambungan kabel tanah. (TE)

Berita Lainnya
Leave a comment