Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Kenali Gejala Kanker Serviks Dengan Prosedur IVA

BANTEN – Yayasan Female Healt Care (FHC) berkerja sama dengan akademik kebidanan Banten, menggelar Seminar dan Kuliah Umum dengan tema ‘Meningkatkan Sumberdaya Bidan Dalam EraDiksi Kanker Serviks’, di Aula Al Amanah Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, Sabtu (30/9/2017) pagi.

Acara yang dihadiri oleh bidan-bidan dan mahasiswa kebidanan Se-Provinsi Banten ini bertujuan untuk mensosilisasikan prosedur IVA (Intip Vagina Anda) kepada bidan-bidan dan calon bidan Se-Provinsi Banten.

Menurut pemaparan dr. Laila Nuranna, pencetus prosedur IVA Nasional dan salah satu dokter spesialis kanker RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) Jakarta mengatakan, bahwa kanker serviks adalah masalah yang cukup serius bagi kesehatan perempuan Indonesia.

Jadi, kata Laila, melalui kuliah singkat ini kami akan mensosialisasikan cara mendeteksi kanker serviks sekaligus upaya pencegahannya yang sebenarnya relatif mudah.

“Ya, prosedur IVA hanya 15 menit, jadi dengan mengoleskan asam sulfat (cuka dapur) ke dalam miss v, setelah itu tunggu 3 menit, kalau terjadi perubahan, berarti anda sudah masuk tahap pra kanker (belum kanker), maka segera cek ke Puskesmas rujukan terdekat, salah satunya Puskesmas Cipondoh Tangerang”, ucapnya.

Sementara itu, dr. Ira Simatupang dari Rumah Sakit Hermina Kota Tangerang yang juga merupakan dokter spesialis kandungan menambahkan, jika temuan IVA didiamkan sampai 3 tahun, menurutnya akan berakibat fatal dan mengancam jiwa perempuan.

“Jadi harapan kami, dengan menyelenggarakan seminar dan kuliah singkat ini, para bidan maupun calon bidan dapat menambah knowledge pengetahuan mereka, agar mereka mampu mensosialisasikan kembali pada masyarakat dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kanker serviks”, pungkasnya. (ktn)

Berita Lainnya
Leave a comment