Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Pengangguran Meningkat, Pelatihan Kerja Dikebut

SERPONG-Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel mendorong terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Langkah ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan pangsa pasar yang kian kompetitif.

Maka itu peningkatan kualitas SDM adalah sebuah keniscayaan. Upaya untuk mewujudkan peningkatan SDM adalah dengan mengadakan pelatihan. seperti yang baru-baru ini digelar di BLKI, Serpong.

Sebanyak 20 peserta mengikuti pelatihan las selama satu bulan.  Mereka berasal dari tujuh kecamatan di Kota Tangsel. Tak hanya praktek, peserta juga diberikan teori pengelasan yang baik.

Kepala Disnaker Kota Tangsel Purnama Wijaya mengatakan, pelatihan ini merupakan cara untuk meningkatkan kualitas pekerja. Apalagi tingkat kompetitif pangsa pasar yang kian tinggi mengharuskan pekerja untuk memiliki skill yang hebat, mumpuni dan punya daya saing.

“Ini yang terus kita dorong agar bisa menghasilkan SDM yang baik,”  katanya.

Purnama yakin dengan adanya pelatihan ini, skill peserta akan kian bertambah dan membuat mereka punya kemampuan yang mumpuni.

Lewat pelatihan ini menjadi awal peserta untuk terjun langsung dalam pangsa pasar tenaga kerja.  Ini yang harus terus didorong agar menghasilkan sesuatu yang hebat.

“Ke depannya pelatihan ini akan terus diintensifkan untuk menghasilkan tenaga kerja produktif dan punya daya saing yang kuat,”  ujarnya.

Peserta diberikan materi pengelasan yang baik,  serta teori lainnya. Harapannya akan bertambah ilmu peserta sehingga bisa diimplementasikan di lapangan ketika sudah selesai ikut pelatihan. Nah, lewat pelatihan ini juga untuk mengurangi pengangguran.

“Kalau kemampuan peserta baik akan mudah diterima bekerja. Ini yang harus terus didorong agar kualitas pekerja bisa baik,” ujarnya.

Purnama juga mengungkapkan, dari setiap pelatihan akan melakukan evaluasi dengan tujuan mengetahui perkembangan peserta setelah ikut kegiatan ini. Jika sudah evaluasi diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM sehingga pekerja di Tangsel punya daya saing yang mumpuni. (firda)

Berita Lainnya
Leave a comment