Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Kawin Jangan Buru-buru, Tunggu Usia Matang

PAMULANG- Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Provinsi Banten Yeti Rismayati mengatakan usia 21 tahun paling ideal bagi perempuan untuk menikah. Sementara untuk laki-laki usia menikah adalah 25 tahun.

“Pasangan yang menikah pada usia ideal, bisa mengikis terjadi gesekan. Soalnya mereka menikah di usia yang bisa dikatakan cukup matang, “ katanya saat kegiatan sosialisasi BKKBN di Kantor Kelurahan Pondok Cabe Ilir, Kecamatan Pamulang, Senin (23/10/2017).

Selain itu, 21 tahun merupakan usia di mana kematangan alat reproduksi perempuan memasuki kondisi ideal siap mengandung dan melahirkan. Sementara jika menikah pada belasan tahun khawatir akan menganggu alat reproduksi.

Ia menilai, menikah muda juga akan menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan. Seperti rentan mengalami keguguran,pendarahan,kanker rahim dan sebagainya.

Anggota Komisi IX DPR RI Siti Masrifah mendukung program pengendalian penduduk. Misal di Kota Tangsel dengan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi, tingkat kelahiran harus ditekan. Jika tidak malah akan menimbulkan persoalan baru. Apalagi kelahirannya kebanyakan berasal dari kelas menengah ke bawah.

“Saya rasa program pemerintah cukup punya dua anak saja harus terus didukung dalam upaya mengendalikan laju penduduk,” ujarnya. (yud/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment