Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

DPAD Maksimalkan Perpustakaan Keliling

TANGERANG- Dinas Perpustakaan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang terus melakukan sejumlah upaya dalam meningkatkan minat baca. Salah satunya dengan memaksimalkan perpustakaan keliling yang kini menjadi cara membudayakan minat baca. Selain itu juga untuk mendekatkan perpustakan kepada masyarakat,khususnya anak – anak SD dan SMP.

Kepala DPAD Ghozali Barmawi mengatakan, saat ini DPAD mempunyai tiga unit mobil perpustakaan keliling yang setiap harinya rutin berkeliling ke sekolah – sekolah. Juga tempat-tempat umum.  “Terdapat berbagai macam jenis buku yang disediakan di Perpustakaan Keliling, diantaranya buku agama, pendidikan dan cerita anak, ”ujarnya.

Ghozali menambahkan, layanan pusling ini memang diperuntuhkan untuk menjangkau wilayah – wilayah yang jauh dari perpustakaan.

Diharapkan dengan adanya perpustakaan keliling ini bisa memacu dan menumbuhkembangkan minat baca masyarakat khususnya di Kota Tangerang.

Ia juga menjelaskan, pusling menyediakan ribuan jenis buku bacaan di perpustakaan, serta mobil perpustakaan keliling.

“Di sini juga ada story telling hingga Sekolah Dasar. Kami adakan satu bulan sekali dengan mengundang mereka datang keperpustakaan kota Tangerang, kegiatan ini kami adakan untuk menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini,” terangnya.

Di kota Tangerang minat baca masyarakat diakui cukup baik, hal ini terlihat dari jumlah kunjungan perpustakaan yang mencapai 50-70 orang dalam sehari.

“Kalau sehari rata rata bisa mencapai 70 pengunjung, kebanyakan pada jam pagi biasanya mahasiswa, dan siang anak anak sekolah, mereka biasanya pas pulang sekolah datang ke sini,” imbuhnya.

Ghozali yakin dengan upaya yang sudah dilakukan akan semakin meningkatkan minat baca. Apalagi masyarakat Kota Tangerang melek huruf. Ini memudahkan dalam memasyarakat minat baca. Maka itu, program yang ada akan terus diperbaharui agar peningkatkan minat bisa terus baik dan mumpuni.

“Ini yang harus terus didorong supaya hasilnya bisa tambah maksimal. Saya yakin dengan upaya yang sudah berjalan akan semakin baik,” katanya.

Salah seorang pengunjung perpustakaan Uswah menuturkan merasa terbantu dengan adanya perpustakaan kotaTangerang. “Saya kerap mengunjungi perpustakaan ini, kebetulan juga saya sedang mengerjakan skripsi, jadi sangat terbantu sekali adanya perpustakaan di kotaTangerang,” tutur mahasiswi UNIS.

“Semoga pemerintah kotaTangerang terus meningkatkan pelayanannya dalam menumbuhkan minat baca masyarakat, seperti kita tahu bahwa buku adalah jendela dunia,” katanya. (firda)

 

Berita Lainnya
Leave a comment