Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Mau Naik Haji Tunggu Sampai 2038

TIGARAKSA-Musim haji tahun ini telah berlalu. Setidaknya jumlah jemaah haji asal Kabupaten Tangerang yang telah menunaikan ibadah ke tanah suci tahun ini mencapai 2.400 orang lebih.
Jumlah tersebut dipastikan yang paling banyak se-Provinsi Banten. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang Nawawi memastikan, hingga saat ini setidaknya sudah ada 42 ribu pendaftar calon jemaah haji (calhaj) yang masuk daftar tunggu hingga tahun 2038.
“Itu (calhaj,red) yang sudah mendaftar untuk keberangkatan hingga 2038. Kalau setiap tahunnya saja ada 2.000 yang mendaftar, estimasinya sekitar 42 ribu lebih yang masuk daftar tunggu,” kata Nawawi kepada Respublika.id, Kamis (2/10/17).
Menurut Nawawi, jumlah tersebut sesuai kouta untuk Provinsi Banten. Dimana, setiap tahunnya kuota calhaj untuk Kabupaten Tangerang mencapai 2.000 lebih.
“Kuota haji kita paling banyak se-Banten,” tambahnya. Nawawi menjelaskan, pemberangkatan calhaj musim depan tetap sesuai mekanisme yang ada.
Ia pun memastikan kuota haji tidak bisa ditambah mengingat hal tersebut sudah menjadi ketentuan dalam penetapan kuota di tingkat nasional. Meski demikian ada sebuah aturan terkait keberangkatan calhaj.
Yakni usia calhaj yang lebih dari 75 tahun akan diprioritaskan keberangkatannya lebih awal. Calhaj tersebut akan menggantikan calhaj lainnya yang lebih awal mendaftar.
Utamanya bagi calhaj yang usianya dibawah 75 tahun.
“Usia di atas 75 tahun diusulkan untuk haji percepatan, karena yang pasti faktor kesehatan. Dan nanti calon yang usianya dibawah 75 tahun jadwal keberangkatannya akan dimundurkan, tapi bukan digeser ya,” terangnya.
Lebih jauh Nawawi menjelaskan, pendaftar haji yang keberangkatannya dimundurkan tersebut adalah pendaftar yang belum melunasi biaya haji karena sakit hingga sedang hamil.
“Jadi kuota-kuota yang tidak dilunasi itu diperuntukkan bagi pendaftar lansia (lanjut usia),” tandasnya. (putra
Berita Lainnya
Leave a comment