Untuk Kepentingan Umum

Anggaran Bedah Rumah Rp14,3 Juta

KRONJO-Sebanyak 49 rumah kumuh di dua desa di Kecamatan Kronjo mulai di bedah. Bedah rumah ini merupakan bagian dari program gerakan bersama rakyat atasi pemukiman kumuh dan miskin (Gebrak Pakumis) yang dicanangkan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Dua desa penerima program tersebut, yakni Desa Pasir sebanyak 43 rumah dan Desa Cirumpak sebanyak 6 rumah. Bedah rumah ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Camat Kronjo Asnawi di RT01 RW01, Kampung Cayur, Desa Pasir, Kecamatan Kronjo, Jumat (3/11/17).

Peletakan batu pertama ini disaksikan oleh unsur masyarakat, unit pengelola kegiatan (UPK), fasilitator dan masyarakat penerima program. Dalam kesempatan itu Asnawi mengatakan, pada tahun ini wilayahnya hanya mendapatkan jatah 49 rumah yang akan dibedah.

Padahal, kata dia, dari data yang ada di Kecamatan Kronjo saat ini setidaknya terdapat 513 rumah kumuh. “Kalau dari data kita ada 513 rumah kumuh. Tahun ini baru 49 rumah yang dibedah,” kata Asnawi kepada Respublika.id.

Menurut dia, program Gebrak Pakumis ini terus bergulir setiap tahunnya. Sehingga rumah yang belum dibedah akan mendapat giliran di tahun-tahun berikutnya. “Jadi nggak sekaligus 513 rumah dibedah, tapi bergulir,” imbuhnya.

Kepala Desa Pasir Zakaria menambahkan, mayoritas warga di desanya berprofesi sebagai petani dan buruh. Program tersebut baru yang pertama kali masuk di desanya.

“Saya sangat bersyukur sekali dengan adanya program ini. Tentu bantuan bedah rumah ini sangat dirasakan warga kami yang tidak mampu,” imbuhnya.

Ketua UPL Kronjo Satibi Suhadi menjelaskan desain rumah yang dibedah ini menyesuaikan permintaan dari penerima program. Meski demikian desain dan bahan material menyesuaikan anggaran yang ada yakni Rp14,3 juta per rumah.

“Konsepnya cluster, bedah rumah ini berbasis satu RT dan satu RW. Satu cluster minimal 10 rumah. Jadi tidak asal memilih rumah mana yang akan dibedah,” ujarnya.

Diketahui, tahun ini setidaknya ada 1.000 rumah kumuh di Kabupaten Tangerang yang dibedah dalam program Gebrak Pakumis. (putra/firda)

 

Berita Lainnya
Leave a comment