Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Capaian Kurang, Warga Perumahan Elit Dikejar-kejar

PONDOKAREN-Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tangerang Selatan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) belum maksimal. Agar bisa tercapai,puluhan petugas dari Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda Tangsel) harus berjibaku agar realisasi itu bisa tercapai. Seperti dengan membuka gerai langsung Penagihan Tunggakan PBB (Pentungan) untuk melayani warga di Komplek Perumahan Puri Bintaro, Sektor 9 Bintaro Jaya Tangsel, Minggu (5/11/2017) pagi.

Ketua RW 09 Perumahan Puri Bintaro Gamawati mengungkapkan  warga di komplek perumahan elite tersebut rata-rata merupakan pengusaha dan pekerja kantoran di Jakarta.Adanya kegiatan tersebut membuat banyak wajib pajak sadar kalau ternyata pajak tempat tinggalnya belum bayar.

“Di saya warga ada sekitar 1200an KK, mayoritas pengusaha dan pekerja di Jakarta. Dengan adanya ini ( Gerai Pentungan PBB) warga cukup antusias dan senang karena tidak perlu jauh-jauh menyetorkan pajaknya” ungkap Gamawati

Perempuan yang sudah enam tahun menjabat sebagai ketua RW ini mengungkapkan, jika program Pentungan PBB kali ini merupakan yang kelima di wilayahnya tersebut. Dari beberapa kali melaksanakan kegiatan Pentungan PBB, petugas berhasil mengumpulkan setoran pajak hingga ratusan juta rupiah.

“Di sini udah lima kali diadakan sama yang sekarang.  Yang pertama dapat hamper Rp100 juta,kedua Rp68 juta, ketiga Rp20 juta,” ungkapnya

Sementara itu,Kepala Bidang Pendapatan Pajak Daerah 1 Bapenda Kota Tangsel Indri Yuniandri mengatakan pentungan akan sering dilakukan menjelang akhir tahun. Karenanya saat ini seluruh staf pelayanan tetap membuka posko pembayaran di sejumlah tempat pada hari Sabtu dan Minggu.

“Iya supaya mencapai target, ini kita masih kurang beberapa miliar lagi. Kerjanya itu tujuh hari dalam seminggu, bahkan kalau ada tanggal merah saya minta mereka masuk,” kata Indri di posko pentungan, Puri Bintaro, Pondok Aren, Minggu (5/11/2017).

Diungkapkan Indri  sasaran pentungan tersebut merupakan wajib pajak yang masuk ke dalam daftar buku tiga dan empat.

” (Sasaran kita itu) Mereka yang biasanya punya properti di komplek-komplek besar misalnya, Alam Sutera, Bintaro dan lainnya,” ujar Indri.

Ditambahkan Indri sampai saat ini ada 10 perumahan elit yang sudah dikunjungi oleh tim Pentungan. Seperti Alam Sutera, Puri Bintaro, BSD City,  Taman Menteng dan lainnya. Biasanya wajib pajak yang belum menyetor pajak beralasan lupa karena memiliki banyak objek pajak. (yy/firda)

 

Berita Lainnya
Leave a comment