Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Kereta Api Double Track Bakal Dibangun di Banten

LEBAK – Bersamaan dengan diresmikannya Perumahan Citra Maja Raya, Lebak, Banten, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjanjikan akan membuat jalur kereta double track atau rel kereta api ganda yang bakal menjangkau Merak, Cilegon, Banten.

Budi menyatakan, pembangunan double track tersebut merupakan salah satu wujud dukungan dari kementeriannya terhadap rencana pembangunan Perumahan Citra Maja Raya. Tujuannya agar memudahkan masyarakat mengakses transportasi dari sana.

“Kalau dikaitkan dengan pembuatan kota baru (Citra Maja Raya), kami sebagai satu kementerian yang support, sangat integratif. Untuk daerah Banten, kami menginisiasi, melanjutkan kereta api double track sampai Serang dan ke ujung Merak, agar lajunya besar, dan menuju daerah yang kereta sudah ditinggalkan,” ujarnya saat peresmian kota baru terpadu itu, Sabtu (18/11/2017).

Sekarang pemerintah sendiri sedang mengerjakan proyek rel kereta api ganda yang membentang dari Stasiun Maja hingga Rangkasbitung. Bila yang dijanjikan oleh Budi Karya benar terwujud, maka jalur tersebut akan dibuat lebih panjang lagi, yakni melewati Serang dan berujung di Merak.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, yang juga turut hadir, mengatakan, proyek perumahan tersebut merupakan bentuk kerja sama antara pemerintah pusat, daerah, serta swasta. Targetnya adalah membentuk Kota Maja yang mandiri dan tidak bergantung pada Jakarta.

Untuk diketahui, Perumahan Citra Maja Raya sendiri rencananya dikembangkan sebagai kota terpadu dengan model transit oriented development (TOD). Artinya kota baru tersebut akan dikembangkan dengan memaksimalkan ruang hunian, bisnis, ruang publik agar bisa tetap dekat dengan moda transportasi umum.

Perumahan Citra Maja Raya merupakan salah satu proyek terbesar Ciputra Group di Banten dan digarap oleh PT Ciputra Residence, PT Hanson International Tbk, dan PT Putra Asih Laksana.

Ciputra menarget Citra Maja Raya bakal menjadi kawasan yang bisa menampung 10.000 rumah. Di antaranya, sekitar 8.000 unit, merupakan rumah yang dialokasikan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Sumber: Kompas. com

 

Berita Lainnya
Leave a comment