Untuk Kepentingan Umum

Alumnus UMN Harus Pancasilais

KELAPADUA–Wisuda Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang mengusung tema “Sarjana Unggul dan Berkebangsaan” menghadirkan Kepala Unit Kerja Presiden bagian Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Yudi Latif, Sabtu (2/12/2017).

Yudi mengatakan pentingnya memiliki visi dalam berkenegaraan. “Negara sudah seharusnya memiliki visi, yaitu kebahagiaan negara harus dipenuhi dengan memberikan kebebasan, keadilan, dan kemakmuran. Perbedaan bukan pangkal pertikaian. Justru perbedaan itu yang menguatkan terciptanya ekosistem yang diferensiatif dan berkesinambungan,” ujarnya.

Oleh karena itu Yudi berpesan kepada para wisudawan UMN untuk tidak hanya mengandalkan kepandaian, tapi juga dapat mengendalikan diri dengan kondisi riil masyarakatnya.

“Universitas tidak bisa lagi menyamaratakan sumber dayanya menjadi satu kategori kecerdasan. Karena sumber daya tersebut akan menjadi sumber daya terbarukan yang akan menimbulkan inovasi yang siap bersaing di dunia internasional”, pesan Yudi kepada mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti wisuda UMN ke- XII tersebut.

Sementara itu Ninok Leksono Rektor UMN menekankan, bahwa Pancasila adalah landasan yang harus dijadikan pegangan, panduan penting, karena Pancasila merupakan falsafah hidup berbangsa dan bernegara.

“Insan cendikia yang ideal untuk Indonesia adalah mereka yang menghayati dan mengamalkan kelima sila Pancasila. Dengan itu lah diharapkan alumni yang mengikuti wisuda UMN ke-XII tidak saja unggul dalam bidang ilmu dan profesinya, tetapi selaras dengan masyarakatnya. Ia berketuhanan, berperikemanusiaan, menjunjung persatuan, mengutamakan musyawarah, dan memperjuangkan keadilan sosial”, ungkapnya.

Selain itu, Ninok juga berpesan kepada alumnus UMN untuk terus menyalakan jiwa dan semangat Pancasila dalam karir dan kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. “Dengan berpegang pada nilai-nilai Pancasila, saya berharap wisudawan tidak tercerabut dari akar kebangsaannya. Sekalipun mungkin ada yang berkarir di luar negeri, dengan terus menghidupkan nilai-nilai Pancasila diharapkan wisudawan bisa terus bersemangat perikemanusiaan, persatuan, musyawarah dan berkeadilan,” tandas Ninok.

Dalam wisuda UMN ke-XII kali ini, terpilih 7 wisudawan terbaik yang mewakili 7 Program Studi. Mereka adalah Vannia Ferdina (Teknik Informatika), Bobby Fernando (Desain Komunikasi Visual), Gabrielle Agatha (Ilmu Komunikasi), Tommy Utomo Wijaya (Sistem Informasi), Davin Valerian (Akuntansi), Rivaldy Febriansyah (Manajemen), dan William Suyanto (Sistem Komputer). Vania Ferdina, wisudawan Program Studi Teknik Informatika keluar sebagai Mahasiswi Terbaik Universitas dengan IPK mencapai 3,99. (man/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment