Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Calon Perseorangan Gugur Diawal

LEBAK- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lebak 2018, tampaknya hanya bakal diikuti satu pasangan saja yakni Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi. Soalnya, bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan atas nama Cecep Sumarno (CS) dinyatakan tidak lolos.

Ini lantaran, berkas dukungan KTP balon bupati CS dinyatakan kurang, sehingga tidak memenuhi syarat minimal untuk maju dalam kontestasi pilkada Lebak. Anggota KPUD Lebak Ace Sumirsa Ali membenarkan bahwa balon bupati atas nama CS tidak lolos.

“Jumlah dukungan setelah hasil perhitungan hanya sebanyak 43.445 KTP. Jadi, berkas dukungan untuk pasangan CS enggak memenuhi syarat,” ujar Ace kepada Wartawan, Jumat (1/12/2017).

Ace mengatakan, pada hari terakhir penyerahan berkas dukungan calon perseorangan, pasangan CS – Didin menyetorkan 71.111 dukungan KTP dalam sistem informasi pencalonan. Tidak hanya itu, pasangan tersebut juga menyerahkan berkas dukungan formulir B.1 KWK. Setelah kedua data tersebut dicocokan, formulir B.1 KWK yang diserahkan kurang.

Sementara, Ketua Divisi Pencalonan Sri Astuti Wijaya menyatakan pasangan CS – Didin tidak memenuhi syarat (TMS). Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Nomor :36/Kpts/KPU.Kab/015.436415/XI/2017 Tentang Penetapan Bakal Pasangan Calon Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebak Tahun 2018.

“Setelah dihitung manual, data hardcopy dukungan kurang 27.666 KTP,” ungkapnya.

Menanggapi ini, Ketua Relawan CS Eko Nugraha menyatakan telah menerima berita acara dari KPUD Lebak tentang data dukungan yang diklaim kurang. Pihaknya, segera menindaklanjuti masalah ini dengan menggelar rapat membahas persoalan tersebut. dan akan melakukan banding ke Panwaslu Lebak. Karena, data yang dimiliki tim CS sudah sesuai dengan Silon.

“Kita akan banding, karena ada waktu tiga hari untuk melakukan gugatan ke Panwaslu Kabupaten Lebak. Karena, data yang dimiliki tim CS sudah sesuai dengan silon,” klaimnya.

Eko optimistis, dengan data yang dimiliki tersebut, tim CS dapat diloloskan panwaslu Lebak. “Masih ada upaya untuk meloloskan balon bupati CS – Didin, karenanya kita siapkan memori banding ke Panwaslu Lebak,” tukasnya.

Sekedar diketahui, sampai saat ini baru ada pasangan calon yang sudah lolos untuk ikut dalam Pilkada Lebak 2018 mendatang. (duy/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment