Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Band Armada Paling Populer di Youtube

Group Band Armada berada di urutan teratas dalam rangking video paling populer yang dilihat di YouTube sepanjang tahun ini. Youtube rajin merangkum video-video terpopuler selama satu tahun dalam YouTube Rewind, baik secara global maupun lokal, termasuk musik video dari para musisi yang sering diputar di YouTube.

Tahun ini, untuk pertama kali video dari genre musik dangdut koplo masuk dalam jajaran 10 video musik terpopuler. Dalam daftar 10 video musik terpopuler 2016, genre musik dangdut diwakili oleh artis Ayu Ting Ting dengan lagu Kekasihku yang pada saat itu duduk di peringkat 9. Namun genre tersebut masih tergolong genre dangdut umum, bukan dangdut koplo.

Kepopuleran dangdut koplo sepanjang 2017 ini didorong oleh dua artis dangdut koplo yang memang sedang bersinar karirnya pada 2017, yakni Via Vallen dan Nella Kharisma. Keduanya masing-masing mengandalkan lagu Sayang dan Jaran Goyang. Lagu tersebut berturut-turut berada di posisi dua dan tiga.

Video musik terpopuler sepanjang 2017 diraih oleh Armada Band dengan lagu Asal Kau Bahagia. Video ini mendapat 800.000-an like dari penonton.

Berikut 10 video musik terpopuler sepanjang 2017 versi YouTube Indonesia. Urutan dibuat berdasar jumlah like yang didapat oleh masing-masing video, mulai dari yang terbanyak.

1. Armada Band – Asal Kau Bahagia

Musik video milik Armada Band berjudul Asal Kau Bahagia menjadi musik video paling populer di YouTube Indonesia. Lagu ini hanya menampilkan video versi lirik saja yang diunggah oleh akun resmi Armada Band pada 2 Februari 2017.

Dalam enam bulan pertama setelah perilisannya, musik video ini telah ditonton sebanyak 150 juta kali. Setelah 10 bulan, musik video ini telah ditonton oleh lebih dari 192 juta kali.
Video ini disukai 805.000 penonton dan mendapat 56.152 komentar.

2. Via Vallen – Sayang

Selera musik Indonesia kini semakin beragam. Hal ini terbukti dengan popularitas musik video oleh penyanyi dangdut koplo, Via Vallen. Dengan lagu berjudul Sayang ini, Via Vallen membawa genre dangdut koplo menjadi tren di tahun 2017.

Penyanyi asal Surabaya ini menyanyikan lagu Sayang dalam Bahasa Jawa dengan kombinasi nuansa rap. Karena kepopuleran lagu dan musik video ini, Via Vallen mendapat julukan sebagai Ratu Pop Koplo Indonesia.

Musik video Sayang menjadi runner-up sebagai musik video terpopuler 2017 di YouTube Indonesia dengan raihan 104 juta kali ditonton. Video yang diunggah oleh akun Ascada Musik pada 24 Februari lalu mendapat 394.000 like dan 32.444 komentar.

3. Nella Kharisma – Jaran Goyang

Jika tahun lalu Ayu Ting-Ting menjadi satu-satunya penyanyi dangdut yang masuk di musik video terpopuler YouTube, maka tahun ini sedikit berbeda. Selain Via Vallen, Nella Kharisma masuk sebagai penyanyi dangdut koplo lain yang populer.

Lagu berjudul Jaran Goyang menempati nomor tiga musik video terpopuler sepanjang 2017 di YouTube. Penyanyi asal Kediri, Jawa Timur ini menyanyikan Jaran Goyang dengan campuran Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris pada liriknya.

Video musik yang diunggah oleh DD STAR Record pada 26 April lalu telah ditonton 98 juta kali dengan 262.000 penyuka dan 26.395 komentar.

4. Payung Teduh – Akad

Tidak hanya dangdut yang mewarnai keberagaman YouTube Indonesia tahun 2017. Musisi Indie juga mulai meraup popularitas lebih luas melalui musik video. Salah satunya adalah Payung teduh yang menduduki peringkat keempat musik video terpopuler 2017 dengan lagunya Akad.

Video yang disutradarai oleh Yoga Muhammad ini terinspirasi oleh salah satu cerita dari kontestan #CeritaAkad #MomenAkad yang diadakan Payung Teduh beberapa waktu lalu.
Salah satu kontestan yang beruntung juga dililbatkan sebagai pemeran dalam video ini.

Tidak hanya sering diputar di berbagai radio di Indonesia, video mereka juga diputar jutaan kali di YouTube. Dalam minggu pertamanya, musik video Akad telah ditonton 11 juta kali.
Tapi sayang, video tersebut harus ditarik dengan alasan perijinan.

Setelah diunggah ulang pada 4 September, musik video Akad ditonton lebih dari 53 juta kali dalam tiga bulan. Video ini mendapat apresiasi dengan 310.000 penyuka dan 16.543 komentar.

5. Virgoun – Surat Cinta Untuk Starla

Peringkat kelima musik video terpopuler YouTube Indonesia adalah Surat Cinta Untuk Starla yang dipopulerkan oleh vokalis Band Last Child, Virgoun. Musik video tersebut diunggah oleh akun YouTube Last Child tepat di hari Valentine, yakni 14 Februari lalu.

Sebelumnya, musik video dengan format lirik juga telah ditonton sebanyak 178 juta kali dan mencetak sejarah sebagai The First Local Music Video Ever Reached 100MIO+ Views in Indonesia.

Saking populernya, musik video ini dikemas ulang ke layar lebar dengan judul yang sama dan diperankan oleh Caitlin Halderman dan Jefri Nichol yang juga menjadi menjadi model peran di musik video.

Setelah sembilan bulan perilisan, musik video ini telah ditonton 32 juta kali dengan 227.000 penyuka dan 10.249 komentar.

6. Raisa Adriana ft Isyana Sarasvati – Anganku Anganmu

Kolaborasi dua diva muda Indonesia, Raisa Adriana dan Isyana Sarasvati dengan lagu Anganku Anganmu menduduki peringkat keenam musik video terpopuler di YouTube Indonesia.
Video yang disutradari Candi Soeleman ini menampilkan sinematografi apik dengan latar negara Swedia.

Musik Video yang diunggah oleh akun IsyanaVevo pada 30 Maret ini telah ditonton 17 juta kali dan disukai sebanyak 173.000 serta 13.000 komentar.

7. Judika – Jadi Aku Sebentar Saja

Diperingkat ketujuh ada penyanyi jebolan salah satu ajang musik Indonesia, Judika dengan judul Jadi Aku Sebentar Saja. Konsep cerita yang diangkat video ini cukup sederhana, yakni efek domino kehidupan.

Dimana satu kejadian yang dialami seseorang, secara tidak langsung akan memengaruhi kejadian lainnya.

Video ini sudah ditonton 23 juta kali sejak dirilis akun JudikaVevo pada 7 April. Musik video yang disutradarai oleh Patrick Effendy ini disukai 72.000 penonton dan 3.063 komentar.

8. Agnez Mo – As Long As I Get Paid

Salah satu diva musik Indonesia yang sedang meniti karir internasionalnya, Agnez Mo menduduki peringat kedelapan dengan lagu barunya yang berjudul As Long As I Get Paid. Agnez Mo tak ingin melepas jati dirinya sebagai warga negara Indonesia dalam video ini.

Dalam videonya, Agnez Mo mengenakan gaun nan anggun dengan motif batik kontemporer khas Indonesia karya desainer lokal Anne Avantie. Ia juga nampak mengenakan hiasan ukiran di kepala.

Video yang diambil di Los Angeles, California, AS ini meraih 2 juta penonton dalah sehari. Setelah dua bulan dirilis oleh akun AGNEZMOofficialVEVO, musik video ini telah ditonton 19 juta kali dengan disukai 357.000 penonton dan 64.232 komentar.

9. Prilly Latuconsina – Katakan Cinta

Langkah artis peran Prilly Latuconsina yang mulai menekuni bidang tarik suara, sepertinya menorehkan hasil positif. Musik video lagunya yang berjudul Katakan Cinta menjadi musik video terpopuler nomor sembilan di YouTube Indonesia.

Video ini terlihat sederhana dengan menggambarkan Prilly yang sedang bernyanyi di sebuah ruangan dengan menampilkan lirik lagu Katakan Cinta. Lagu ini merupakan soundtrack sinetron Bawang Merah Bawang Putih yang dibintanginya.

Setelah dirilis 20 maret lalu, video ini ditonton sebanyak 13 juta kali dengan 85.000 penyuka dan 3.874 komentar.

10. Upin & Ipin – Luar Biasa

Peringkat terakhir ternyata bukan ditempati oleh musisi atau lagu asal Indonesia. Melainkan lagu anak-anak yang dibawakan tokoh kartun asal Malysia, Upin & Ipin berjudul Luar Biasa.
Kartun asal negeri Jiran ini memang menjadi salah satu kartun favorit di Indonesia.

Lagu berbahasa Melayu ini memang ditujukan untuk anak-anak dengan nada yang gembira.
Video ini menceritakan karakter Upin & Ipin sebagai anak kembar yang ceria dan senang bermain bersama teman-teman sebayanya.

Sejak dirilis akun Les Copaque Production pada 5 Februari lalu, video ini telah ditonton sebanyak 36 juta kali dengan 57.000 penyuka dan 2.151 komentar.

Sumber: Kompas.Com

Berita Lainnya
Leave a comment