Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

BPKAD Keren, Pengajuan Bansos dan Hibah Lewat Online

Reformasi digital. Mungkin itu kata paling tepat untuk disandarkan kepada institusi negara yang terus melakukan sejumlah terobosan guna meningkatkan layanan masyarakat.

Seperti digarap Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel yang kini terus mendorong agar seluruh layanan menggunakan teknologi. Terbaru, BPKAD akan membuka pengajuan dana bantuan sosial dan hibah menggunakan sistem online.

Lewat sistem ini diharapkan bisa membuat transparansi pengelolaan bantuan tersebut. Apalagi hibah dan bansos dibutuhkan untuk kepentingan masyarakat.
Nantinya lewat sistem online, organisasi masyarakat bisa mengajukan bansos dengan memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

Kepala BPKAD Kota Tangsel Warman Syanudin mengatakan, pengajuan bansos dan hibah lewat sistem online sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan transparansi keuangan. Semua organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ingin mengajukan permohonan bansos ataupun hibah bisa melakukannya. Asalkan memenuhi semua persyaratan yang sudah ditetapkan. Mulai dari struktur organisasi, alamat kantor sekretariatan tetap, terdaftar oleh pemerintah sekurang-kurangnya tiga tahun, dan berbagai persyaratan lainnya.

Bila kelengkapan itu sudah dipenuhi nanti akan diverifikasi untuk kemudian diajukan. Nantinya pengajuan dana tersebut akan dilimpahkan kepada instansi terkait. Misal hibah untuk olahraga, bisa dikoordinasikan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, dan lain sebagainya.

“Maka itu dengan adanya pengajuan sistem online ini selain transparansi juga supaya lebih tertib dalam hal adminstrasi,” katanya.

Warman yakin dengan pengajuan yang serba transparan, juga akan membuat penggunaan dana tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Tanpa ada kendala apapun. Apalagi jika melihat aktivitas masyarakat di Tangsel yang kian tinggi, tentunya hibah dan bansos dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ini yang terus kita dorong agar hibah dan bansos benar-benar dapat dirasakan manfaatnya. Nah, lewat pengelolaan via online ini diharapkan masyarakat juga bisa mengawasi penggunaannya,” ungkap mantan Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangsel ini.

Ia menjelaskan, pengajuan bansos dan hibah lewat online sejalan dengan semangat mewujudkan kota cerdas yang kini tengah digarap Pemkot Tangsel. Harapannya lewat kota cerdas ini, juga bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan yang prima, efektif dan efisien.

Dirinya meyakini dengan program yang sekarang tengah digarap oleh Pemkot Tangsel, semuanya akan beririsan dengan mempermudah semua layanan. Baik yang sifatnya administrasi ataupun keperluan lainnya. Nah, ini yang akan terus diwujudkan agar bisa menghasilkan sesuatu hal postif dalam mengimplementasikan good governance.
“Kita yakin dengan program yang ada semuanya akan berjalan baik,” ujarnya. (firda)

Berita Lainnya
Leave a comment