Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Dua Bulan Operasi Patuh, Miliaran Rupiah Terselamatkan

Kantor Bea Cukai Wilayah Banten berhasil menyelamatkan uang negara hingga miliaran rupiah. Uang tersebut merupakan hasil razia terhadap barang-barang kena cukai ilegal dalam operasi patuh ampadan selama Oktober hingga Desember 2017.

Kepala Kanwil Bea Cukai Banten Decy Arifinsjah mengatakan, barang barang kena cukai yang berhasil disita diantaranya minuman beralkohol, rokok dan ethyl alkohol dengan nilai barang mencapai Rp2,360 miliar dari potensi kerugian negara Rp1,099 Miliar. Barang barang tersebut disita dari total 28 kali penindakan yang dilakukan.

“Kami berhasil amankan 29.803 botol minuman ilegal, 18.800 liter ethil alkohol dan Rokok sebanyak 236000 batang,” terang Kepala Kanwil Bea Cukai Banten saat menggelar rilis barang bukti hasil operasi di Kantor Bea Cukai Banten, Serpong Tangsel, Senin (18/12/2017)

Sementara itu, kepala bidang penindakan dan penyidikan Kanwil Bea Cukai Banten Winarko DS mengatakan penyitaan barang-barang tersebut dilakukan karena keseluruhan barang tersebut tidak dilengkapi cukai sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.

” Barang-barang nya tidak dilengkapi pita cukai,atau pita cukai palsu dan cukai yang bukan untuk peruntukkannya,” terang Winarko.

Dari hasil penindakan tersebut, pihak bea cukai yang bekerjasama dengan aparat keamanan berhasil mengamankan empat orang yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka, diantaranya diamankan dari sebuah pabrik penjualan minuman beralkohol ilegal di wilayah Lebak, Banten dan juga tersangka lainnya penjual minuman beralkohol tanpa dilekati pita cukai.

” Tersangka ada empat orang, tiga orang sudah diserahkan ke Kejati Banten, satu orang lagi masih tahap satu dan kita titipkan di Rutan Salemba,” terangnya. (yy/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment