Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Kepala Disdukcapil Pimpin Bamus Betawi

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel Toto Sudarto resmi menjadi ketua Dewan Pimpan Daerah (DPD) Bamus Betawi Kota Tangsel periode 2017-2022. Toto dilantik Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Badan Musyawarah Masyarakat (BAMUS) Senin (25/12) lalu di balai ratu permai, Sawah Baru, Ciputat.

Pelantikan dihadiri Ketua Umum Bamus Betawi Zainuddin, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Ketua DPRD Tangsel Moch Ramlie, Kapolsek Ciputat, Danramil, serta tokoh masyarakat Betawi Tangsel.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, Bamus Tangsel hendaknya menjadi organisasi masyarakat yang menjadikan musyawarah sebagai landasan berorganisasi.

“Ini adalah tonggak sejarah di Tangsel, khususnya bagi masyarakat Betawi. Sebagai bagian darinya pemerintah Kota Tangsel akan selalu mendukung bahkan, ikut melestarikan adat dan kebudayaan Betawi. Seperti meletakkan gambar rumah blandongan di dalam logo pemkot. Rumah blandongan adalah simbol musyawarah masyarakat Betawi,’’katanya.

ketua umum DPP Bamus Betawi, Zainuddin mengungkapkan, ormas Betawi di Tangsel harus maju karena sejarah mencatat orang-orang Betawi itu selalu sukses dalam segala hal dan bisa menjadi bekal dalam menghadapi kehidupan ke depannya.

Sebagaimana dikatakan dalam Al-quran, “Orang yang tidak paham akan sejarahnya maka orang itu akan gagap menghadapi masa depannya,’’katanya.

Sementara itu, usai pelantikan, Toto optimis bisa mengembangkan Bamus Betawi tersebut, sebab orang Betawi itu pintar dan hebat namun, sayang ikatannya kurang kuat. Dengan dibentuknya Bamus Betawi ini, sebagai titik kebangkitan Betawi di Tangsel dan semoga semakin memperkuat ikatan masyarakat Betawi Tangsel. Sehingga nantinya bersama-sama akan membangun Tangsel menjadi kota yang mandiri, maju, juga bermartabat sesuai dengan adat budaya Betawi.

“Saat ini kami sedang mendalami rancangan perda DPRD Tangsel tentang pelestarian adat dan budaya Betawi. Melalui perda ini kita berharap bisa menjadi program perdana bagi Bamus Betawi Tangsel dan mensosialisasikannya ke seluruh lapisan masyarakat yang ada,’’katanya. (yy/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment