Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Awal Tahun 2018, akan Ada 2 Fenomena Alam

Berdasarkan keterangan dari badan antariksa AS NASA, pada awal Januari atau tepatnya 1 Januari 2018, warga dunia bakal disambut dengan beberapa fenomena alam. Dimana fenomena alam di malam lahir tersebut juga akan ada supermon, Jumat (29/12)

Fenomena alam itu tidak terjadi pada awal tahun saja, di akhir bulan Januari 2018, fenomena lain akan muncul, yakni gerhana bulan.

“Gerhana bulan yang terjadi pada 31 Januari 2018 akan terlihat saat bulan tenggelam. Orang-orang yang berada di tempat terlihatnya fenomena tersebut, terutama di Amerika Serikat, harus bangun lebih pagi untuk melihatnya,” ujar Noah Petro, peneliti NASA, dilansir Space.

Fenomena spesial ini dapat terlihat dibeberapa wilayah diantaranya, Amerika Utara sebelah barat, Asia Pasifik, serta Asia Timur. Bahkan, ada kemungkinan pada saat itu juga akan terjadi fenomena blue moon yang hanya terjadi dalam 2,5 tahun sekali.

Blue moon biasanya muncul pada saat bulan purnama ketiga atau keempat dalam satu musim, atau bulan penuh kedua dalam satu bulan. Sesuai namanya, pada saat itu Bulan akan tampak dengan sedikit sentuhan warna biru.

Sedangkan supermoon sendiri, terjadi saat Bulan tengah dalam bentuk seutuhnya (purnama) saat orbitnya mencapai pada titik terdekat dengan Bumi, atau disebut perigee.

Hal ini membuat Bulan tampak lebih terang hingga 30% dan lebih besar sampai 14% dibanding pada saat bulan purnama di titik terjauh dengan Bumi, yang disebut apogee.

Fenomena supermoon sendiri pernah muncul beberapa waktu lalu untuk yang juga menjadi fenomena alam terakhir di tahun 2017.

Sumber : Uzone.id

Berita Lainnya
Leave a comment