Untuk Kepentingan Umum

Masyarakat yang Alami Stres Diminta ke Rumah Sakit Jiwa

Jakarta – Masyarakat yang merasa stres dan depresi diminta untuk berkonsultasi ke rumah sakit jiwa, hal itu diminta oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek. Tujuannya, supaya kondisinya tidak semakin parah.

Menurut Nila, Indonesia dengan populasi penduduk yang terus bertambah maka berbanding lurus dengan tingkat stres juga tinggi. Ia membandingkan Tanah Air dengan Jepang terkait hal ini. Negeri sakura itu mengalami tingkat bunuh diri tinggi karena dengan gaya hidup mereka yang begitu keras.

“Saya kira kita juga sudah mengalami gaya hidup keras, kepadatan penduduk, hingga kemacetan karena itu hipertensi di Indonesia naik menjadi 25 persen,” ujarnya saat ditemui usai pemaparan kinerja Kementerian Kesehatan 2017, di Jakarta, Rabu (10/11).

Karena itu, ia meminta masyarakat fokus bagaimana masyarakat Indonesia mengatasi tingkat stres. Solusinya, kata dia, adalah dengan menyambangi rumah sakit (RS) Jiwa.

Ia menyebut tempat ini bisa disebut rumah sakit mental, artinya bukan hanya orang yang sakit jiwa saja yang berobat ke sana tetapi individu yang mengalami stres, depresi bisa berkonsultasi supaya keadaannya tidak menjadi lebih buruk. Nila juga mengusulkan para pimpinan daerah mengerahkan mobil supaya masyarakatnya bisa menggunakannya sebagai wadah mengungkapkan perasaan hati atau curhat.

“Saya kira ini penting sekali buat kita melakukan konsultasi kalau mengalami tekanan stres,” tutupnya.

Sumber : Republika Online

Berita Lainnya
Leave a comment