Untuk Kepentingan Umum

KPU Kesulitan Cari Lembaga Pemantau Pilkada 2018

12

Tangerang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, masih membuka kesempatan terhadap lembaga independen yang ingin menjadi sebagai pemantau pilkada 2018.

Hal itu, diutarakan Ketua KPU Sanusi Pane saat menggelar sosialisasi Pilwalkot dengan Forum Wartawan Tangerang (Forwat) di Jalan Satria Sudirman, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang,beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran lembaga pemantau pilkada 2018 pada bulan Oktober 2017 lalu. Namun, sampai saat ini belum ada juga lembaga independen yang mendaftar ke KPU untuk menjadi pemantau pilkada.

Meski demikian kata Pane, pihaknya masih tetap membuka pendaftaran tersebut.

“Kami masih membuka pendaftaran bagi masyarakat Kota Tangerang yang ingin menjadi lembaga pemantau pilkada 2018,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, lembaga pemantau pilkada itu wajib terdaftar di KPU. Sementara, KPU sendiri akan menutup pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi lembaga pemantau itu pada bulan 11 Juli 2018.

“Jadi 16 hari sebelum pencoblosan kami menutup pendaftaran lembaga pemantau pilkada 2018 tersebut,” ungkapnya.

Pane menambahkan bahwa KPU tidak menyediakan anggaran bagi lembaga pemantau pilkada tersebut, hanya memfasilitasi alat perlengkapannya saja.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin menjadi lembaga pemantau pilkada 2018 itu harus terintregasi dari tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi dan Pusat dan bekerja sesuai dengan juknis serta independen.

“Untuk anggaran kami tidak dapat memberikan anggaran kepada lembaga pemantau pilkada 2018 alias pakai uang pribadi,” tandasnya. (man/firda)

 

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...