Untuk Kepentingan Umum

Rumah Rp100 Jutaan Mulai Dibangun di Tangerang

21

Rumah murah atau rumah bersubsidi merupakan salah satu program andalan pemerintah untuk solusi bagi rakyat yang belum memiliki hunian. Rumah ini dikhususkan kepada masyarakat berpenghasilan rendah atau disebut dengan MBR. Hingga 2017 capaian untuk program ini telah menembus angka 896.231 unit. Itu data Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat.

Sebanyak 50 persen pembangunan perumahan merupakan kontribusi dari pengembang swasta. Tahun ini, yang menyumbang pasokan rumah murah tersebut adalah PT Sukses Indonesia Anugerah Property (SIAP) yang mulai membangun konstruksi proyek hunian Bhuvana Village Regency.

Perumahan yang dibangun oleh anak usaha PT Anugerah Kasih Investama (AKI) Group itu dipasarkan seharga Rp 100 jutaan di Tangerang. Lokasinya berjarak sekitar 100 meter dari Stasiun Tigaraksa, Tangerang. Proyek hunian tersebut dibangun di lahan seluas 23 hektar.

“Ada 1.600 unit rumah dan ruko yang kami bagi di lima empat klaster,” ujar Bakhtiar Azami, Direktur Marketing SIAP.

Untuk tipe rumah 5×12 m2 (392 unit), 6×12 m2 (392 unit), 7×12 m2 (421 unit), 8×12 m2 (105 unit). Untuk ruko pengembang ini akan membangun ukuran 4×10 m2 dua lantai sebanyak 160 unit, sedangkan tanah kavling sebanyak 50 unit yang dipasarkan masih di bawah harga Rp 100 jutaan.

“Kami ingin memberi kesempatan mereka yang tinggal di pinggir kota satelit bisa punya rumah dengan tetap dekat sarana transportasi kereta yang saat ini sudah menjadi pilihan masyarakat pekerja di Jakarta dan sekitarnya yang semakin padat,” kata Bakhtiar.

Beruntungnya, lanjut dia, posisi perumahan tersebut terhitung sangat dekat dengan stasiun kereta commuter line yang langsung menghubungkan kebutuhan mobilitas masyarakat ke stasiun Serpong, Palmerah, Tanah Abang, Dukuh Atas Sudirman, Jakarta, Depok, Bekasi dan sekitarnya.

“Kami memang membidik pekerja yang bekerja di sekitar Tangerang dan Jakarta yang menggunakan moda transportasi kereta,” kata Bakhtiar. (kpg.com/firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...