Untuk Kepentingan Umum

Surat Einstein Dilelang, Isinya Ternyata

9

Bicara soal ilmuan Albert Einstein seolah tidak ada habisnya. Meski ia telah meninggal puluhan tahun silam, namun fisikawan keturunan Yahudi ini tidak ada habisnya. Barang-barang peninggalannya pun laku dilelang. Teranyar adalah surat-surat pribadinya kepada sahabat lamanya, Michael Besso. Surat yang ditulis di Jerman pada 29 April 1917 itu berisikan teori relativitas khusus.

Namun tak hanya bercerita tentang teorinya, surat tersebut juga menyebut tentang seorang teman Einstein yang lain, yaitu Friedrich Adler. Adler sendiri adalah teman Einstein yang diadili karena membunuh Menteri Luar Negeri Austria, Karl von Sturgkh pada 1916 (selama Perang Dunia I).

Persahabatan Einstein

Dilansir dari Live Science, Senin (22/01/2018), persahabatan Einstein dan Adler terjalin dalam ilmu fisika dan sosialisme. Hal itu dibuktikan dalam makalah yang diterbitkan dalam German Studies Review tahun 1978. Adler merupakan seorang fisikawan teoretis yang menjadi revolusioner sosialis kala itu.

Saat von Sturgkh, menteri luar negeri Austria saat itu, melarang fakultas dari Universitas Vienna untuk bertemu dan berdiskusi dengan parlemen, Adler menanggapinya dengan tak terduga. Adler menembak pejabat itu saat makan siang.

Setelahnya, Adler ditangkap dan dinyatakan bersalah. Dia dijatuhi hukuman mati untuk kesalahannya tersebut.

Namun fisikawan ini tak pernah dieksekusi. Sebagai gantinya, pemerintah menghukumnya 18 tahun kerja keras.

Dalam suratnya untuk Besso, Einstein membahas tentang Adler. Ilmuwan yang terkenal dengan teori relativitas tersebut meminta saran pada Besso tentang bagaimana dia harus menanggapi sebuah surat dari Adler.

Adler menulis surat pada Einstein tentang teori relativitas, di mana dia terus menyoroti teori Ernst Mach “hingga habis”.

Mach adalah seorang fisikawan Austria yang karyanya meramalkan kontribusi Einstein. Sayangnya, Mach telah meninggal saat Einstein menulis surat tersebut.

Diwartakan dari Space.com pada Maret 2017, teori relativitas khusus yang disinggung dalam surat tersebut membantuk dasar semu teori fisika modern.

Teori itu dikembangkan oleh Einstein pada 1905. Teori ini menjelaskan hubungan antara ruang dan waktu.

Pada surat yang akan segera dilelang itu, Einstein menyatakan bahwa dia hampir tidak terkesan dengan pemikiran Adler. Hal itu membuatnya meminta saran kepada Besso bagaimana menghadapi situasi ini.

“(Besso) lebih bijak dalam urusan manusia,” tulis Einstein dalam surat tersebut dikutip dari Newsweek, Selasa (23/01/2018).

Surat tersebut rencananya akan dilelangdi Nate D. Sanders Auctions, Los Angeles sampai Kamis (25/01/2018). (kpg/firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...