Untuk Kepentingan Umum

Artis Inul Ternyata Pernah Dibayar Rp3.500

45

Kehidupan artis memang kasat mata bergelimang harta. Kehidupan yang hedon, bermewah-mewahan lekat dengan para pesohor. Namun siapa sangka kalau banyak artis sukses dulunya dibayar sangat murah. Pedangdut Inul Daratista bisa dijadikan contoh. Ia bercerita soal honor yang didapatkannya selama berkecimpung di dunia musik Tanah Air. Sang pedangdut mengaku pernah mendapatkan Rp 900 juta.

Inul Daratista membeberkan terkait penghasilannya selama bernyanyi kepada pengacara kondang Hotman Paris Hutapea di program talkshownya. Dulu, Inul pernah dibayar Rp 3.500.

“Habis lulus SD. SMP itu SMP kelas 1 udah mulai nyanyi di Pasuruan. Rp 3500 (honor nyanyi pertama) itu band band gitu. Ngeband. Pokoknya nyanyi hari itu dari jam 5 sore sampai jam 12 malam,” buka Inul Daratista dalam video channel YouTube program talkshow Hotman Paris.

“Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu waktu itu (keliling-keliling nyanyi),” lanjutnya.

Di kesempatan itu juga, Inul Daratista bercerita terkait kondisi keluarganya di mana bapaknya seorang penjahit baju yang memiliki delapan anak. Ia juga sadar penghasilan ayahnya tak cukup.

“Bapak saya penjahit baju. Honor ongkos jahit Rp 1.500. Kuranglah buat nyukupin kita. Makan biasanya telor dua diceplok terus dilebarin dipotong jadi banyak. Itu bagi kami sudah luar biasa tapi nggak cukup untuk makan orang berdelapan,” tutur Inul.

Kemudian Inul diberi jalan oleh tetangganya untuk gabung nyanyi. Setelah keliling-keliling beberapa tempat, ia pun menjadi terkenal.

“Yang lihat tetangga. Waktu itu bantu ngepel suka sambil nyanyi. Ditawarin kamu ikut ngeband aja. Ngeband kecil. Ditawarin orkes melayu aja sama tetangga tiap hari nyanyi kan lumayan. Akhirnya walaupun cuma Rp 15 sampai 20 ribu. Honor mulai naik pas udah dikenal Rp 100 ribu,” ucap Inul.

Istri Adam Suseno itu juga berani hijrah ke Jakarta meski waktu itu sempat mendapat cekalan. Namanya yang makin naik di belantika dunia dangdut Indonesia membuat Inul pernah dibayar Rp 900 juta.

“Aku pernah diajak job sama mbak Nana ini ke freeport dibayar Rp 300 juta loh. Tahun 2005. Itu tiga kali show berarti 900 (juta),” beber Inul.

Hotman Paris yang mendengar dan mengetahui perjuangan Inul dari bawah pun sangat terkesima. Ia bangga atas kerja keras si pemilik goyang ngebor tersebut.

“Wow perjalanan karier anak manusia dari Rp 3.500 honornya jadi Rp 900 juta,” kata Hotman Paris. (dtk/firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...