Untuk Kepentingan Umum

Panwascam Harus Proaktif Dalam Sengketa Pilkada

KOTA TANGERANG – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang, menggelar rapat kordinasi dengan Panwas Kecamatan. Ada sekitar 50 pengawas yang hadir dalam kegiatan yang membahas tentang sengketa pilkada serta penanganan pelanggaran pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018, Selasa (30/01).

Diharapkan semua pengawas di tingkat kecamatan lebih mahir lagi dalam menangani dugaan pelanggaran pilkada yang terjadi di wilayahnya masing-masing.

Komisioner Panwaslu Kota Tangerang Herry Handani mengatakan, panwascam harus berani menerima setiap laporan sengketa pilkada yang masuk dari tingkat wilayah.

“Mereka harus pede, nah biar pede ya kita bekali ilmunya dulu baik itu berupa temuan maupun laporan dari masyarakat dan peserta pemilihan,” kata Herry.

Menurutnya, kegiatan ini akan digelar secara berkelanjutan sampai para panwascam Benar-benar matang dan mampu memproses, menelaah dan menginvestigasi laporan serta temuan.
Karena kalau memang memenuhi unsur praktik kecurangan yang menimbulkan sengketa pilkada dalam pelaksanaan pilkada 2018 itu wajib di proses laporan dan temuannya tersebut.

“Setelah ini kita juga akan membuat kegiatan analisis dan evaluasi di lain hari, pokoknya kita mau semua panwascam bekerja maksimal agar tugas kita di kota itu lebih mudah,” harapnya.(man/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment