Untuk Kepentingan Umum

Pesawat Tempur Milik Rusia Tertembak Jatuh di Suriah

Respublika.id – Pesawat tempur Sukhoi SU-25 milik Rusia ditembak jatuh di wilayah Provinsi Idlib, Suriah yang dikuasai oleh sekelompok pemberontak. Dalam tragedi tersebut pilot berhasil meloloskan diri dengan mengunakan kursi pelontar.

Menteri pertahanan Rusia mengatakan, pada saat pilot melakukan pendaratan dengan kursi tersebut berada di daerah yang diyakini dikuasai oleh kelompok aliansi Hayat Tahrir Al Sham dan akhirnya dia tewas dalam pertempuran di darat.

Sebelumnya Hayat Tahrir Al Sham terkait Al Qaeda, menyatakan telah menembak jatuh pesawat tempur milik Rusia tersebut.

Diketahui, pada Desember lalu pemerintah Suriah yang mendapatkan dukungan oleh pasukan udara Rusia, melakukan serangan besar terhadap kelompok pemberontak di Idlib.

Kelompok pemantau menyebutkan Peswat temput, beroperasi di kota Maaaran, Idlib, di dekat lokasi pertempuran darat dan puluhan pesawat Rusia meluncurkan serangan dalam 24 jam sebelumnya.

Dalam video yang diunggah di media sosial menunjukkan pesawat tersebut tertembak dan terbakar, sebelum berputar jatuh ke darat. Dalam rekaman video lainnya, memperlihatkan bangkai pesawat dengan gambar bintang merah di bagian sayap.

“Ketika pesawat tempur tertembak, pilot memiliki waktu yang cukup untuk melaporkan bahwa dia telah melontarkan diri ke daerah yang dikuasai oleh militan,” ujar Kementerian Pertahanan Rusia.

Namun kata dia, dalam sebuah pertempuran dengan teroris, pilot terbunuh
Dalam sebuah pernyataan yang dirilis di media sosial kelompok Hayat Tahrir Al Sham mengklaim telah menembak pesawat dengan menggunakan peluncur rudal bahu.

Kelompok itu menyatakan pesawat tempur melakukan serangan udara di atas sebuah daerah di dekat kota Saraqeb. Hayat Tahrir Al Sham beroperasi di wilayah selama beberapa tahun dengan menggunakan sejumlah nama yang berbeda. (bbs/man)

Berita Lainnya
Leave a comment