Untuk Kepentingan Umum

Bikin Konsep Gedung Pintar, Sabilul Diusulkan Naik Pangkat

58

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan gedung Polresta Tangerang di Tigaraksa, Rabu (7/2/2018).

Gedung yang direncanakan empat lantai disebut sebagai gedung polisi termodern pertama di Indonesia, karena dilengkapi sistem pengawasan berbasis teknologi komunikasi.

Kapolri mengapresiasi pembanguan gedung dengan konsep gedung pintar (smart building) tersebut. Bahkan terobosan Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif tersebut akan disebarluaskan kepada Kapolda di seluruh Indonesia untuk ditiru karena gedung smart building belum pernah ada di Polri.

“Kalau sudah terbangun dan betul-betul menerapkan smart building, contohnya sistem layanan terpadu,” ujarnya.

Tito mengharapkan layanan terpadu kepolisian tersebut bisa seperti di Georgia, karena di negara tersebut, warga mendapatkan layanan prima saat membutuhkan layanan dari pihak kepolisian.

“Saya kagum betul dengan kepolisian Georgia, buat SIM, registrasi BPKB, SKCK, paling lama hanya satu jam,” tambahnya.

Bahkan, karena keterbukaan pelayanan publik, diceritakan Tito, warga pun bisa memilih sendiri plat nomor polisi kendaraan yang hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 30 menit.

Konsep pelayanan terpadu juga diceritakan Tito menghindari terjadinya praktek percaloan, karena warga langsung membayar biaya administrasi melalui bank yang tersedia di lokasi pelayanan.

Konsep pelayanan demikian diharapan Tito bisa diterapkan di Polresta Tangerang, bahkan jika berhasil, Tito menjanjikan promosi kenaikan pangkat kepada Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif.

“Kalau bisa diterapkan di sini, maka saya akan sampaikan ke Polda dan Polres lain untuk meniru. Dan pasti nanti atas usulan Kapolda (Banten), pak Sabilul. Pelayanan disana seperti model pelayanan di bank, kita pikirkan promosinya,” terangnya.

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...