Untuk Kepentingan Umum

Kini WhatsApp Bisa Dipakai untuk Kirim Uang

11

Respublika.id – Saat ini Aplikasi WhatsApp mulai menyediakan fitur pembayaran digital di layanan pesan singkatnya. Fitur itu bertajuk “WhatsApp Payments”, dan fitur ini baru diuji coba di India untuk pengguna yang bergabung dalam program beta.

Sejak January lalu ternyata aplikasi ini sudah beredar, hal itu sesuai bocoran sumber dalam, WhatsApp memang dikatakan hendak merilis fitur pembayaran digital pada Februari 2018.

Sementara mekanisme WhatsApp Payments ini menggunakan sistem Unified Payments Interface (UPI). Dimana, antarmuka pembayaran itu memfasilitasi transaksi lintas bank di India, di antaranya State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank.

WhatsApp sendiri mendapatkan izin untuk menggunakan UPI dari Pemerintah India sejak Juli 2017 lalu. Proses pengembangan selama lebih kurang setengah tahun akhirnya membuahkan hasil.

Untuk sementara pemanfaatan WhatsApp Payments terbatas pada transaksi duit antar-pengguna, alias peer-to-peer. Pengguna belum bisa melakukan transaksi ke merchant pihak ketiga.

Ada beberapa cara bertransaksi dengan WhatsApp Payments yang Pertama, dua pihak pengguna yang hendak bertransaksi harus mengikuti program beta dan menginstall versi teranyar WhatsApp untuk iOS ataupun Android.

Untuk mengirim uang, pengguna cukup menekan ikon attachment yang juga diklik saat hendak mengirim kontak, media, lokasi. Pengguna sendiri akan menemukan opsi payments seperti dilansir Kompas Tekno, Senin (12/2/2018) kemarin.

Selanjutnya, pilih kontak yang hendak Anda kirimi uang, pilih akun bank Anda dan penerima, masukkan nominal uang, masukan pin UPI, lantas uang Anda akan terkirim secara virtual. Selain itu WhatsApp Payments juga mendukung transaksi ke lebih dari 70 bank di India.

Pastikan nomor seluler untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan nomor seluler yang tertaut dengan akun bank pengguna vis UPI, karena pada saat melakukan transaksi pertama pengguna bakal diminta untuk memverivikasi nomor seluler.

Untuk semua transaksi Anda itu akan terekam pada opsi history pada WhatsApp Payments. Karena fitur ini masih dalam bentuk beta, tentunya masih dapat dikembangkan lebih jauh untuk fungsi yang lebih banyak ketika sudah diresmikan untuk publik.

Namun belum jelas juga kapan WhatsApp Payments ini tersedia di negara lain, termasuk Indonesia.

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...