Untuk Kepentingan Umum

PKBM Bikin Program Kejar Paket C

Usia boleh lanjut. Tapi urusan belajar tidak boleh redup. Mencari ilmu tidak mengenal waktu. Hal itu yang nampak dari 165 peserta kejar paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himata saat mengikuti ujian kesetaraan, Minggu (25/2/2018).

Ketua PKBM Himata, Madsoni mengatakan, dalam ujian tersebut ada 12 mata pelajaran yang harus diikuti oleh peserta, diantaranya Pendidikan Agama Islam, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah, Geografi, Seni Budaya, Ekonomi, Penjas, Sosiologi, dan Pendidikan Keterampilan.

“Ujian ini akan berlangsung selama empat hari setiap hari Minggu,” ujarnya.

Dari 165 peserta tersebut, lanjut Sonil, demikian sapaan sosok yang akrab aktivis gerakan literasi dengan Motor Literasi (Moli) itu, masing-masing peserta dibagi ke dalam kelompok berjumlah 20 orang. Sementara soal untuk dibuat oleh Forum Tutor Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan Forum PKBM Kabupaten Tangerang.

“Pelaksanaan ujian dipantau langsung oleh tim monitoring dari Dinas Pendidikan PAUD dan DIKMAS Kabupaten Tangerang,” tambahnya.

Ahmad Hambali, 26, salah satu peserta ujian mengatakan merasa senang karena masih bisa melanjutkan pendidikan setara SLTA tersebut melalui kejar paket C. Ia berharap setelah memiliki ijazah yang legalitasnya diakui oleh negara itu, ia bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

“Saya senang dan bersyukur bisa menjadi peserta pendidikan kesetaraan di PKBM Himata, apalagi Lembaga PKBM Himata sudah terakreditasi,” ujarnya.

Diketahui, kejar paket C merupakan program Departemen Pendidikan Nasional setara SLTA melalui jalur non formal. program ini diselenggarakan untuk pelajar yang terkendala keterbatasan waktu belajar di pendidikan formal, putus sekolah, konsentrasi belajar, drop out, homeschooling, dan sebagainya.

Dalam program paket C, siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) selain diwajibkan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM), juga harus mengikuti kegiatan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) sebelum Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), atau Ujian Nasional Kertas Pinsil (UNKP).

Ijazah dari paket C setara dengan Ijazah Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) yang dapat dipergunakan untuk melamar kerja, melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi negeri maupun swasta. (rr/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment