Untuk Kepentingan Umum

TPA Cipeucang Dianggap Cemari Lingkungan

53

Sungai Cisadane dianggap sudah tidak bersih lagi. Bahkan pencemaran di sungai yang menghubungkan beberapa daerah itu sudah tercemar limbah dan sejenisnya. Diduga pencemaran yang berdampak pengrusakan lingkungan ini salah satunya akibat sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang.

Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (YAPELH) telah melakukan investigasi ketika sungai  Cisadane meluap. Hasilnya memang ada dugaan pencemaran.

Direktur YAPELH Uyus Setia Bakti mengaku sudah mendapatkan laporan terkait pengerusakan lingkungan hidup yang diduga dari TPA Cipecang, Serpong.

“Kami menemukan di lapangan bahwa sumber sampah yang selama ini mengambang mengikuti arus sungai Cisadane itu sumbernya yakni dari TPA Cipeucang,” kata Uyus Setia Bakti Direktur YAPELH saat ditemui di Kejaksaan Kabupaten Tangerang, Senin (26/02).

Menurutnya, sampah – sampah dari hulu yang terbawa arus ke hilir itu sangat wajar. Karena memang TPA milik Pemkot Tangsel itu hanya berjarak 20 sampai 30 meter dari bibir sungai tanpa ada pembatas.Tentunya, sangat wajar ketika air sungai Cisadane meluap sampah itu akan terbawa arus dengan sendirinya.

Selain dinilai tidak ada jarak dengan sungai, dalam pengelolaan air lindih TPA Cipeucang juga tidak maksimal. Di mana, banyak ditemukan air lindih dari TPA itu langsung mengalir ke Sungai Cisadane tanpa melalui proses instalasi pengelolaan limbah (Ipal).

Oleh karena itu, pihaknya menuding selama ini Pemkot Tangsel telah melanggar Undang – undang No 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Undang-undang No 32 tahun 2009 tetang Lingkungan Hidup.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Yepi Suherman membantah adanya pencemaran lingkungan dari TPA Cipecuang. Ini lantaran pihaknya terus melakukan pelbagai upaya agar tumpukan sampah itu tidak sampai ke Sungai Cipecuang. Salah satunya adalah dengan melakukan pengolahan sampah. Terutama dalam hal daur ulang sampah dan sebagainya. Ini agar sampah tidak sampai mencemari lingkungan sekitar. (man/firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...