Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Begini Kawasan Tempat Messi Tinggal

Tempat pesepak-bola Lionel Messi tinggal di kawasan ekslusif Castelldefels, rupanya ada polemik? Soalnya baru-baru ini kawasan tersebut menjadi sorotan lantaran dituding menjadi penghambat perluasan bandara El Prat.

Castelldefels adalah daerah di pinggiran Bellamar, kawasan Barcalona, yang berada sekitar 9 kilometer dari Bandara El-Prat. Seperti tercatat di laman Wikipedia, Castelldefels adalah sebuah kotamadya di Baix Llobregat, provinsi Barcelona, Catalonia, Spanyol.

Dan ini merupakan bagian dari Area Metropolitan Barcelona. Lionel Messi menjadi bagian warga di kawasan ini bersama 63 ribu lebih jumlah populasi setempat.

Castelldefels seperti sebuah kawasan impian bagi siapa saja. Alasannya, kota ini memiliki pantai yang panjang, lebih dari 5 kilometer. Tak heran, pada musim panas banyak pelancong berdatangan dari Barcelona maupun kota-kota lain.

“Pantai ini luar biasa. Sangat terpelihara dengan baik Anda dapat berjalan kaki atau bersepeda berjam-jam di sini,” demikian testimoni seorang pelancong dalam sebuah laman travelling.

Kota ini juga memiliki beberapa bangunan kuno dengan arsetektur menarik. Misalnya, Kastil Castelldefels yang merupakan benteng perbatasan kota.

Benteng yang berlokasi di puncak sebuah bukit ini dibangun, dulunya, untuk mempertahankan perbatasan Kerajaan Carolingian melawan wilayah-wilayah Muslim terdekat, terutama Khilafah Kordoba. Saat ini kondisi bangunan dalam keadana terawat sangat baik.

Bangunan lain adalah sebuah paroki bernama Santa Maria de Castelldefels. Bangunan ini menyimpan kisah panjang, karena sempat dibeli keluarga terpandang di sana dan kehilangan fungsinya sebagai tempat ibadah. Pada 1903 kembali berungsi seperti semula dan dikuduskan pada 1909 oleh Uskup Laguarda.

Ada banyak lagi bangunan lawas yang mempesona di sini. Tak heran Lionel Messi dan banyak pesohor di bidang olahraga kerasan menetap di Castelldefels.

Ada pun soal tudingan bahwa kawasan itu menjadi penyebab gagalnya ekspansi bandara El-Prat dikeluarkan oleh seorang petinggi perusahaan maskapai penerbangan Spanyol.

Dia menuding rumah pesepak bola tersohor Lionel Messi yang ada di Casteldefels sebagai penyebab gagalnya ekspansi itu. Awalnya, memang ada rencana membangun jalur landasan baru. Namun rencanan ini dibatalkan dengan alasan resmi soal pertimbangan keuangan dan keselamatan lingkungan. (tmp/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment