Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Camat Pagedangan Mainin SKDU, Makan Duit Rp45 Juta

Sekarang ini pejabat gampang betul nilep duit dari berbagai arah. Apalagi punya kewenangan yang besar. Godaan untuk mendapat uang haram cukup besar. Ini yang dialami oleh Camat Pagedangan Achmad Kasori. Ia mainkan surat keterangan domisili usaha atau SKDU tempat ibadah. Duitnya senilai Rp45 juta.

Bahkan, Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Tangerang Selatan sudah menetapkan Achmad Kasori, Camat Pagedangan Kabupaten Tangerang sebagai tersangka terkait kasus tindak pidana korupsi dalam pemberian izin rumah ibadah di wilayahnya.

Ia jadi tersangka atas dasar laporan ke pihak kepolisian tertanggal 27 Februari 2018 lalu. Tak perlu waktu lama, polisi pada Sabtu (4/3/2018) kemudian menetapkan status tersangka dan langsung melakukan penahanan di hari yang sama terhadap Camat yang diduga terlibat dalam praktik korupsi sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 12 huruf e Undang-Undang (UU) RI Nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Setelah kita kembangkan, kemudian kita melakukan penangkapan terhadap Camat Pagedangan karena keterlibatannya dalam pungutan liar penerbitan SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha),” terang Kapolres Tangsel AKBP Fadli Widiyanto, Selasa (6/3/2018) siang.

Kapolres menyebutkan dari hasil penyelidikan sementara diketahui Camat Pagedangan tersebut telah menerima uang sebesar Rp45 juta terkait penerbitan SKDU atas rumah ibadah tersebut. Meski berniat mengembalikan uang setelah salah satu stafnya, Budi Prihatin (42) tertangkap lebih dahulu, namun hal tersebut tak menggugurkan proses hukum yang harus ditempuhnya.

“Jadi setelah stafnya itu kita tangkap, dia (Camat) ketakutan. Uang yang Rp45 juta itu berusaha untuk dikembalikan kepada korban,” imbuh Kapolres.

Kini polisi pun menahan Camat Pagedangan tersebut di Mapolres Tangsel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (yy/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment