Untuk Kepentingan Umum

Soal APK, Saran Panwaslu Diabaikan KPU

10

Kinerja KPU Kota Tangerang dinilai lamban terkait pemasangan alat peraga kampanye (AKP) dan alat peraga sosialisasi (APS). Seharusnya, KPU sudah memasang APK serta APS setelah penetapan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang periode 2018 – 2023.

Hal ini dilakukan agar masyarakat yang tidak tahu sosialisasi secara tatap muka dengan KPU paham bahwa selain ada pasangan calon (paslon),  juga ada kolom kosong. Ini lantaran pilkada tahun ini hanya ada satu pasangan saja.

Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim mengaku sudah menyarankan KPU segera memasang APK dan APS paska penetapan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang.

“Karena APK ini memang hak dari paslon yang difasilitasi oleh KPU. Begitu juga APS yang sudah jauh hari kami sarankan KPU untuk segera memasang alat sosialisasi itu. Tapi enggak tahu kenapa belum juga dipasang,” kata Agus kepada Respublika,id, Jumat (23/03/2018).

Menurutnya, sosialisasi melalui APS itu supaya masyarakat dapat mengetahui bahwa ada kolom isi dan kolom kosong.

“Tadi juga sudah saya tanyakan ke KPU kapan APS itu di pasang, agar masyarakat yang belum mengerti dapat dengan cepat mendapatkan informasi,” ungkapnya.

Kata Agus, ketika pihak KPU ketika ditanya soal pemasangan APK dan APS selalu berdalih adanya keterlambatan dalam proses percetakan.

Seharusnya KPU itu merencanakan dengan baik, misalkan pada tanggal 15 itu sudah mulai kampanye. Jangan sampai paslon dan masyarakat merasa dalam hal ini dirugikan.

Ia juga menambahkan, KPU dalam memasang APK dan APS dapat diketahui oleh masyarakat dan paslon.

“Memang saat ini KPU sudah menerbangkan sebuah balon yang bergambar kolom isi dan kolom kosong, tapi itu kan bentuknya sangat kecil dan masyarakat tidak akan melihat jelas gambar tersebut,” ujarnya.

Komisioner KPU Kota Tangerang Banani Bahrul mengakui kalau APK terkait pasangan calon dan kolom kosong di Kota Tangerang belum dipasang. Namun, pihaknya berjanji dalam waktu dekat akan memasang gambar tersebut.

“Untuk gambar kolom kosong memang belum kami pasang, karena memang belum waktunya. Kalau sudah waktunya pasti kami pasang, ya mungkin dalam waktu dekat ini,” tandasnya. (man/firda)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...