Untuk Kepentingan Umum

Acara Dinkop dan UKM Sukses Besar

Agenda Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Tangsel yang berlangsung selama dua hari, (21/4-22/4), sukses besar. Kegiatan yang mengambil tema UMKM Jalan Bersama itu dihadiri ribuan pengunjung. Acara yang menghadirkan ratusan komunitas dan 300 UMKM dari berbagai produk kuliner kemasan, 130, kuliner basah 50, fashion 20 dan craft 20 ini rupanya cukup membuat warga penasaran. Hingga membuat mereka datang ke lokasi tersebut.  Pameran dibagi menjadi dua, di dalam pelataran plaza rakyat dan depan Balaikota Tangerang Selatan.

UMKM Jalan Bersama ini bertujuan untuk mengenalkan produk rumahan yang ada di kota Tangsel. Mulai dari kuliner, kerajinan tangan, fashion dan sebagainya. Agenda ini juga menjadi ajang unjuk gigi bagaimana produk rumahan asli Kota Tangsel bisa bersaing. Baik di tingkat lokal, nasional ataupun internasional.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangsel Dahlia Nadeak mengatakan, acara ini bisa dikatakan sebagai ajang pertemuan antar pelaku usaha kecil. Nah, mereka bisa berbagi pengalaman bagaimana memasarkan produk yang ada. Maka itu, dengan adanya kegiatan ini juga sebagai ajang pembuktian kalau produk UMKM asli Kota Tangsel itu bagus dan punya daya saing. “Saya tekankan agenda ini sebagai upaya kita memasarkan produk asli Tangsel. Harapannya bisa semakin dikenal dan memiliki daya saing,” ujarnya.

Apalagi selama gawean dua hari ini, antusias masyarakat cukup tinggi. Terbukti dengan hadirnya ribuan warga yang tumplek di Balaikota. Selain itu, perputaran uangnya juga cukup besar. Mencapai miliaran rupiah. Dengan adanya kegiatan ini juga bisa menjadi ajang peningkatan kesejahteraan masyarakat lantaran terjadi transaksi keuangan dalam jumlah cukup besar. “Ini yang kita coba dorong agar masyarakat dapat terlibat dalam setiap kegiatan. Terutama yang berhubungan dengan produk usaha kecil menengah,” katanya.

Dahlia yakin selepas kegiatan ini, geliat pelaku usaha kecil menengah akan kian semarak. Apalagi jika melihat potensi yang dimiliki. Tentunya akan menghasilkan sesuatu yang mumpuni dan hebat. Pihaknya akan terus mendorong agar hal tersebut bisa segera terealisasi dengan sejumlah cara. Maka itu, ini yang akan digarap agar bisa menghasilkan sesuatu yang mumpuni. “Kita ingin agar acara serupa akan terus ditingkatkan. Ini yang harus terus digarap,” katanya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany berharap dengan adanya acara UMKM Jalan Bersama ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dirinya yakin hal itu bisa terwujud mengingat potensi usaha kecil di sini cukup besar. Maka itu kegiatan ini harus terus didorong agar dapat meingkatkan ekonomi. Terutama bagi masyarakat menengah ke bawah. “Ini yang harus terus didorong. Saya yakin hal itu bisa diwujudkan. Kepada Dinkop dan UKM terus melakukan terobosan dalam peningkatan usaha kecil menengah,” imbuhnya. (adv)

Berita Lainnya
Leave a comment