Untuk Kepentingan Umum

Makan Sahur Pake Telor Apakah Baik?

41
ilustrasi (foto : net)
Saat sahur pasti ingin makan yang mudah dibuat, salah satunya adalah telur. Mungkin bagi beberapa orang telur adalah makanan favoritnya, jadi tak ada satu hari pun yang terlewati untuk makan telur.
Apakah baik setiap hari makan telur? Telur mengandung protein yang dapat membantu menghilangkan rasa lapar dan membuat merasa kenyang selama berjam-jam. Bukan hanya itu, telur juga kaya akan vitamin E, luten, selenium, dan folat. Bukan hanya baik untuk perkembangan otot, tapi juga baik bagi kesehatan otak, penglihatan, dan melawan peradangan di dalam tubuh.

“Jika kamu makan sarapan yang tinggi karbohidrat dan tanpa protein, kamu akan lapar lagi dengan sangat cepat,” ujar dr Peter Schulman, MD, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran di University of Connecticut dikutip dari Huffington Post.

Meskipun memiliki manfaat untuk kesehatan, kita juga harus waspada akan kolesterol yang bisa diakibatkannya. Dalam satu telur mengandung kolesterol sekitar 185 mg.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa telur bisa meningkatkan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL), namun telur juga bisa meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

“Telur meningkatkan HDL ke tingkat yang lebih besar daripada LDL,” ujar dr Schulman.

Selain itu, telur juga memiliki efek perlindungan terhadap jantung. Menurut penelitian, orang yang makan satu telur per hari berisiko 11 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan orang yang jarang makan telur.

Jadi, tak masalah untuk makan telur setiap sahur. Yang paling penting, makan asupan seimbang ya. (den)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...