Untuk Kepentingan Umum

Spanyol Kerap Keok Lawan Tuan Rumah di Ajang Piala Dunia

8
Timnas Spanyol alami kekalahan usai adu Penalti (foto : istimewa)

Timnas Spanyol gagal lolos ke perempat final Piala Dunia 2018, setelah kalah dari Rusia lewat drama adu penalti. Hasil minor itu membuat La Roja lagi-lagi tak berdaya saat bersua tim tuan rumah di Piala Dunia.

Menjalani laga 16 besar di Luzhniki Stadium, Minggu (1/7/2018) malam WIB, Spanyol tampil dominan. Berdasarkan statistik di situs resmi FIFA, Tim Matador mencatatkan 74 persen penguasaan bola berbanding 26 persen milik Rusia.

Timnas Spanyol pun unggul lebih dulu setelah Sergei Ignashevich membobol gawang sendiri pada menit ke-12. Akan tetapi, Tim Beruang Merah sukses menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Artem Dzyuba pada menit ke-41.

Skor 1-1 bertahan hingga 120 menit. Alhasil, penentuan pemenang harus dilakukan lewat drama adu penalti. Pada babak tos-tosan, La Furia Roja tak mampu membendung laju Rusia, dan akhirnya kalah dengan skor 3-4.

Dari lima penendang Spanyol, hanya Andres Iniesta, Gerard Pique, dan Sergio Ramos yang menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara itu, sepakan 12 pas Koke dan Iago Aspas gagal berbuah hasil.

Di sisi lain, keempat penendang timnas Rusia berhasil menjaringkan bola ke dalam gawang timnas Spanyol yang dikawal David de Gea. Keempat pemain tersebut adalah Fedor Smolov, Sergei Ignashevich, Aleksandr Golovin, dan Denis Cheryshev.

Kekalahan tersebut membuat timnas Spanyol gagal melenggang ke perempat final Piala Dunia 2018. Pada Piala Dunia 2014, Spanyol juga tak mampu menembus babak delapan besar karena harus terhenti di penyisihan grup.

Hasil ini sekaligus menambah panjang daftar kekalahan La Roja dari tim tuan rumah Piala Dunia. Mereka juga pernah merasakan hal serupa pada 1934, 1950, dan 2002.

Pada perhelatan Piala Dunia 1934, Spanyol disingkirkan Italia pada perempat final. Sementara itu, di Piala Dunia 1950, Tim Matador menyerah 1-6 dari tuan rumah Brasil pada fase grup final.

Kekalahan juga diterima timnas Spanyol ketika menghadapi Korea Selatan yang berstatus tuan rumah Piala Dunia 2002, bersama Jepang. La Furia Roja kalah lewat adu penalti dari Korsel pada perempat final.

Bukan hanya di Piala Dunia, timnas Spanyol juga kerap takluk dari tuan rumah pada ajang Piala Eropa. Mereka kalah dari Italia (Piala Eropa 1980), Prancis (Piala Eropa 1984), Jerman (Piala Eropa 1988), Inggris (Piala Eropa 1996), dan Portugal (Piala Eropa 2004). (den)

Golkar Kota Tangerang
You might also like
Loading...