Untuk Kepentingan Umum

Di Harkopnas, Stand Dinkop UKM Kota Tangsel Diapresiasi

6

Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di ICE BSD selama (12-15/7) diikuti 144 stand dari perwakilan berbagai kabupaten kota provinsi serta. Gawean ini terlihat istimewa karena dibuka Presiden Joko Widodo pada Kamis (12/7) kemarin.

Masing-masing stand dari Dinas Koperasi dan UKM berbagai daerah menampilkan beragam macam produk unggulan masing-masing. Termasuk stand milik Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan menyajikan berbagai produk dari jenis kuliner, kerajinan tangan dan fashion. Standnya ramai dikunjungi. Bahkan banyak yang memuji stand dari Kota Tangsel karena menyajikan sejumlah produk khas dari daerah bekas pemekaran Kabupaten Tangerang tersebut.

Sejumlah paganan kuliner disajikan seperti kopi, kue terbuat dari bahan singkong. Sedangkan fashion batik, kerudung dan lain-lain. adapun kerajinan tangan di antaranya tas, boneka berbagai jenis dan berbagai macam produk lainnya. Ini yang membuat kuliner tersebut mendapat perhatian lebih dari masyarakat.

Tak ayal sajian ini banyak dikerubungi masyarakat sekadar ingin tahu apa saja yang ditampilkan oleh stand dari Kota Tangsel tersebut.

Dalam pembukaan Harkopnas ke 71 ini Presiden Joko Widodo menyampaikan koperasi memiliki peluang dalam pengalangan dana sangat besar. Kemampuan koperasi yang ada saat ini masih cukup kecil sehingga perlu ditingkat kan kembali.

“Saya ingin satu, dua hingga tiga atau empat tahun nanti koperasi masuk dalam jajaran koperasi besar secara global,” katanya.

Jokowi pun memberi contoh mengenai Koperasi Fontera di Selandia Baru. Koperasi ini berhasil produksi susu dan produk olahan dari susu. Setidaknya pertahunya mencapai Rp 165 triliun dengan mengandeng sekitar 10.500 peternak sapi. Tentu ini cukup besar untuk sebuah kopersi yang perlu dicontoh. “Perlu belajar di sana seminggu, dua minggu atau tiga minggu bisa,” tambah ia.

Peringatan hari koperasi nasional dikenal Harkopnas sedangkan di daerah Harkopda. Peringatan Harkopda ke 71 Kota Tangerang Selatan saat ini sedang dipersiapkan. Kelahiran koperasi diperingati sama-sama setiap 12 Juli. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan Dahlia Nadeak, dengan tegas komitmenya mewujudkan kota  koperasi.

“Pemkot Tangsel digadang-gadang sebagai kota koperasi. Karena dengan koperasi semakin banyak dan tersebar membuktikan perekonomian masyarakat kokoh,” kata Dahlia.

Ia yakin dengan program yang terus digarap akan menghasilkan sesuatu yang mumpuni. Terlebih program kerakyatan selalu mendapat perhatian dari masyarakat. Nah, ini yang harus terus didorong agar bisa menghasilkan sesuatu yang mumpuni.

Di Kota Tangerang Selatan sendiri dari koperasi yang ada masing-masing anggotanya cukup banyak. Sebagian besar anggota koperasi mengembangkan usaha berbagai jenis produk yang dapat membantu keuangan masyarakat khususnya ibu rumah tangga. “Yang belum tergabung dalam koperasi mari bergabung karena banyak manfaat keikutsertaan dalam koperasi utamanya gotong royong dan silaturahmi,” ajaknya. (adv).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.