Untuk Kepentingan Umum

Inilah Empat Manfaat Olahraga dalam Cuaca Dingin

4
ilustrasi

Kebanyakan orang akan merasakan malas untuk berolahraga di tengah udara yang dingin. Menurut seorang ahli terapi fisik ortopedi dari Los Angeles, saat berolahraga di tengah cuaca dingin, otot-otot akan kehilangan gerakan, persendian akan menjadi lebih kencang dan saraf dapat terjepit dengan mudah.

Lalu apakah berolahraga di tengah cuaca dingin dapat menjadi efektif? Hal ini akan membawa efek yang berbeda pada masing-masing orang. Namun, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari berolahraga di tengah cuaca dingin. Apa saja, berikut ulasannya:

Membakar lebih banyak kalori

Ketika Anda berolahraga di tengah cuaca dingin, tubuh Anda cenderung meningkatkan suhu inti, sehingga Anda akan membakar beberapa kalori ekstra dibandingkan ketika Anda berolahraga di tengah cuaca panas.

Memperkuat jantung

Jantung memompa darah lebih baik di tengah cuaca dingin dibandingkan selama musim panas. Jika Anda memiliki masalah pernapasan atau memiliki gangguan karidovaskular termasuk hipertensi, maka Anda harus melakukan latihan kardio selama cuaca mendingin untuk membuat jantung Anda lebih kuat.

Mendapat porsi asupan vitamin D yang lebih baik

Di tengah cuaca yang dingin, Anda akan lebih sedikit terpapar sinar matahari, dan inilah jumlah yang tepat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mensintesis vitamin D. Setelah terpapar matahari selama 20 menit, oleskanlah tabir surya ke seluruh bagian tubuh Anda, sehingga kulit tidak akan menjadi rusak akibat paparan sinar matahari berlebih.

Mendorong mood

Berolahraga dalam cuaca yang dingin akan meningkatkan kadar oksitosin lebih dari biasanya. Hal ini karena suhu tubuh Anda menjadi lebih tinggi, dan Anda membakar lebih banyak kalori yang menjaga kadar glukosa darah Anda optimal. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih energik dan menjadi lebih optimis. (den)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.