Untuk Kepentingan Umum

Gangguan Kesehatan Akibat Kecanduan Game

5
ilustrasi

Di tahun 2018 ini, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah mengklasifikasikan kecanduan main game ke dalam Kalsifikasi Penyakit Internasional (ICD-11). ICD-11 merupakan daftar penyakit dan kondisi medis yang digunakan oleh profesional kesehatan untuk membuat diagnosis dan juga rencana pengobatan.

Menurut ICD-11, orang-orang yang kecanduan main game sangat sulit untuk mengontrol jumlah waktu yang mereka habiskan untuk bermain game digital atau video.

Gangguan ini akhirnya secara resmi diklasfikasikan menjadi penyakit setelah meninjau penelitian dan konsultasi dengan para ahli. WHO mengklaim bahwa klasifikasi ini akan menghasilkan peningkatan fokus pada kecanduan game serta bagaimana langkah mencegah serta pengobatannya.

Beberapa gejala dari kecanduan main game yakni:

– Hilang kendali dari kebiasaan main game yang mereka lakukan.
– Memprioritaskan game di atas segala aktivitas lainnya.
– Tetap melanjutkan main game walau tahu konsekuensi negatifnya.

Bahkan menurut penelitian, kecanduan main game juga dapat terjadi secara bersamaan dengan gangguan mental lainnya seperti gangguan kecemasan, stres hingga depresi. Selain itu, mereka yang kecanduan main game biasanya tidak aktif secara fisik sehingga lama kelamaan juga akan meningkatkan risiko obesitas, masalah tidur serta masalah kesehatan lainnya.

Kecanduan main game sebenarnya hampir mirip dengan gangguan kecanduan lainnya. Mereka yang kecanduan main game akan memiliki keterikatan yang emosional dengan kebiasaan ini, yang kemudian mengakibatkan kurangnya waktu untuk bersosial dengan orang lain.

Hal ini tentu akan berdampak negatif untuk kehidupan sosial mereka, seperti kehidupan berkeluarga, hubungan bahkan pekerjaan atau pendidikan mereka. Bahkan para pecandu game akan merasa sangat tersinggung jika ada seseorang yang mengkritik perilaku ini.

Main game memang sangat menyenangkan bila dilakukan untuk melepas penat dan di waktu-waktu senggang. Namun jika sampai lupa waktu saat memainkannya, tentu hal ini akan berdampak negatif untuk kesehatan Anda. (den)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.