Untuk Kepentingan Umum

APILL Sering Mati, Dishub Tuding Ada Warga Iseng

Warga Serang mengeluhkan seringnya Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) yang tidak berfungsi atau bahkan mati sehingga menyebabkan kesemrawutan lalu lintas.

Salah satunya  pengendara motor Rudi. Dirinya bingung ketika APILL yang berada di perempatan Kebon Jahe mati.”Ini mau maju salah mau diem aja juga salah jadinya semrawut kan lalu lintasnya. Tolong Dishub untuk segera memperbaikinya,” katanya, kemarin.

Menyikapi persoalan itu, Kabid Dalops Dishub Kota Serang, Herunajaya mengatakan pihaknya mengklaim selalu siap siaga untuk melakukan perbaikan secepat mungkin.

“Ketika ada kerusakan kita selalu langsung turunkan tim untuk segera memperbaiki terutama yang di Kebon Jahe juga. Kerusakan juga banyak disebabkan oleh hal teknis,” tuturnya.

Kerusakan teknis yang sering terjadi, kata Heru terutama terjadi di musim penghujan yang menyebabkan korslet pada boks APILL.Selain itu juga menurutnya akibat perbuatan yang tidak bertanggung jawab, seperti pencurian baterai APILL yang belum lama terjadi di Sumur Bor.

“Untuk meminimalisir terjadinya pencurian kita juga berusaha untuk menggembok boks, petugas juga keliling tiap malam,” ucapnya.

Dikatakan Heru, pihaknya juga membutuhkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk ikut memberikan informasi atau melaporkan jika terjadi kerusakan pada salah satu APILL di Kota Serang.

Ia juga menghimbau masyarakat tidak memasang spanduk menggunakan tiang APILL. Hal itu untuk mengantisipasi adanya kerusakan saat masyarakat mencoba memasang spanduk pada tiang APILL.

“Aturannya ada tidak boleh memasang spanduk di traffic light, aturannya ada,” ujarnya.

Disinggung pertigaan di Jalan Cipocok Jaya yang belum terpasang APILL, Heru mengatakan bahwa hal itu akibat adanya pelebaran jalan oleh pemerintah Provinsi Banten yang belum rampung.

Sehingga untuk pemasangan APILL menurutnya akan menunggu hingga pembangunan jalan tersebut rampung.  “Yang di Cipocok itu sudah dianggarkan Provinsi, tapi pelebaran jalannya belum rampung,” ujarnya. (eni/firda)

Berita Lainnya
Leave a comment