Untuk Kepentingan Umum

Bahaya! Air di Lima Sungai Tak Layak Konsumsi

5

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Banten, Husni Hasan menyatakan kualitas air di lima sungai yang di Banten sudah sangat tidak layak konsumsi.

“Dari lima sungai itu, ada satu yang airnya sudah dinyatakan sangat berbahaya dan tidak bisa perbaikan. Kalau empat sungai airnya masih bisa digunakan, tapi dengan syarat arus dilakukan treatment atau perawatan dan satu sungai tidak bisa dilakukan upaya apapun, dan jika dikonsumsi akan mengganggu kesehatan,” ungkapnya, kemarin.

Keempat air sungai yang masih bisa dikonsumsi dengan syarat itu adalah Ciujung,Cisadane, Cimanceri dan Cirarab. Sedangkan satu sungai yang dinyatakan berbahaya dan tidak bisa ditreatment adalah Cidurian.

“Cidurian itu sudah sangat tidak layak. Tapi yang empat itu bisa kalau ada treatment. Tetapi sungai yang sudah tercemar limbah itu kan treatmentnya sangat mahal biayanya,” ungkapnya.

Upaya treatamen, katanya, belum pernah dilakukan dan Pemprov hanya berupaya memberikan sosialisasi kepada semua pihak agar tidak melakukan pelanggaran. Yakni  dengan membuang limbah industri atau rumah tangga ke sungai yang selama ini masih menjadi kebutuhan masyarakat.

“Kita memang kesulitan mengawasi industri karena keterbatasan personel, dan kalau ada masyarakat yang menemukan industri melanggar agar dilaporkan. Kami bisa langsung menindak. Kami harap kabupaten dan kotajuga ikut terlibat dalam pengawasan,” paparnya. (eni/firda)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.