Untuk Kepentingan Umum

Diskominfo Banten Dua Kali Salah Tulis Spanduk Asian Games

Tampak spanduk yang salah tulis terpasang di pintu masuk SMA Adria Pratama Mulya di Tigaraksa, Selasa (14/8/2018)

Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Provinsi Banten melakukan kesalahan menulis redaksi kalimat di spanduk Asian Games.

Kesalahan itu salah satunya terpantau dari spanduk yang dipasang di pintu masuk arena cabang olahraga Pentathlon di SMA Adria Pratama Mulya, desa Tapos, Tigaraksa.

Dalam spanduk yang berukuran sekitar 5 x 5 meter itu, tertulis redaksi kalimat ‘Selamat Datang Atlit dan Official Pentathlonk di Arena Asian Games 2018’.

Kesalahan pertama tampak dalam penggunaan kata ‘atlit’, karena menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata baku yang semestinya digunakan adalah kata ‘atlet’. Begitu pun dengan cabang olahraga yang dipertandingan, bukan ‘Pentathlonk’, melainkan ‘Pentathlon’.

Salah satu sumber di Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang mengatakan, kesalahan itu untuk kedua kalinya terjadi.

Menurut sumber tersebut, kesalahan sebelumnya yakni pada penulisan kata ‘Asian’ yang pada spanduk sebelumnya tertulis ‘Asean’.

“Spanduk sebelumnya langsung diintruksikan Gubernur Banten untuk dicopot, karena waktu itu kebetulan yang langsung melihat pak Gubenur, saat berkunjung ke lokasi venue,” ujar sumber tersebut.

Sementara, Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang Ahmad Taufik mengaku belum mengetahui hal itu. Ia justru mendapatkan informasi dari wartawan.

Namun, kata Taufik, meski spanduk itu dipasang oleh Diskominfo, persandian dan statistik Banten, namun pihaknya langsung berkomunikasi dengan pihak provinsi.

“Tadi saya langsung telepon pak Kadispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Banten menyampaikan hal ini,” kata Taufik.

Setelah ramai jadi perbincangan dibeberapa group Whatsapp wartawan, akhirnya spanduk itu pun dicopot pemasangannya.

“Infonya sudah dicopot oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan,” ujar salah satu sumber di Dispora Kabupaten Tangerang.

Berita Lainnya
Leave a comment