Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Walikota Khawatir Generasi Muda Lebih Tahu Tik-tok Ketimbang Budaya Sendiri

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah bilang kalau Budaya Betawi yang merupakan budaya masyarakat Kota Tangerang, telah melahirkan banyak nilai – nilai luhur yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

Ini disampaikan Walikota saat membuka Festival Betawi Lintas Budaya yang diadakan oleh Lembaga Seni Budaya Betawi (LSBB) di Lapangan Gerbang Kelurahan Cipondoh Makmur, Cipondoh, Sabtu (29/9).

“Jangan sampe anak -anak kita lebih paham budaya Tik Tok ketimbang budayanya sendiri yang memberikan banyak nilai – nilai yang membangun norma – norma kehidupan masyarakat Berkahlakul Kharimah,” ujarnya.

Ditambahkannya, sebagai Kota yang memiliki beragam Seni dan Budaya yang salah satunya Seni dan Budaya Betawi sudah sepatutnyalah bila warga masyarakatnya terus mengembangkan khasanah kekayaan lokal Tangerang tersebut. Dan melalui Festival Betawi ini diharapkan masyarakat bisa lebih tahu dan mengenal Budaya Betawi yang menjadi salah satu kekayaan lokal Tangerang.

“Festival Betawi Lintas Budaya selain sebagai ajang pelestarian Seni dan Budaya Betawi sekaligus juga sarana untuk mempererat tali silaturahmi,” tuturnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Seni Budaya Betawi (LSBB) Kota Tangerang ditampilkan berbagai budaya khas Betawi antara lain, Palang Pintu, Pencak Silat, Tarian Jaipongan, Gambang Kromong, Gambus, Festival Band Betawi.

Berbagai seni budaya yang dimiliki oleh masyarakat Betawi, menurut Walikota menyimpan filosofi mendalam yang merepresentasikan sikap dan karakter orang Betawi. Seperti seni bela diri Pencak Silat yang menggambarkan nilai-nilai luhur yang terus dipegang teguh oleh para pelaku seni bela diri tersebut. (rls/firda)

Berita Lainnya