Pemkot Tangsel Buka Penggalangan Dana Gempa dan Tsunami Palu

oleh -
Foto

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Sosial kembali membuka penggalangan dana bantuan korban kemanusiaan untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Kota lain di Sulawesi Tengah.

Kepala Dinas Sosial Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman mengungkapkan, selepas apel Hari Kesaktian Pancasila pagi tadi Walikota Airin Rachmi Diany menginstruksikan agar dibuka posko penggalangan dana kemanusiaan.

“Kami sudah membuka nomor rekening BJB atas nama Bantuan Bencana Palu Donggala. Nomer rekening tersebut yakni BJB 8888888261108.Bagi yang ingin mendonasikan silahkan langsung ke no rekening tersebut, “katanya.

Selain uang, lanjutnya, Pemkot Tangsel siap mengirim relawan dari PMI, Satgas Polisi Pamong Praja, Tagana Dinsos, relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah sesuai koordinasi konfirmasi penerimaan di lokasi bencana.

“PNS melalui OPD masing-masing dihimbau membantu memberi sumbangan berupa uang,” ujar Wahyu.

Menurutnya, pihaknya sementara ini tidak menerima bantuan berupa barang. Sebab barang bantuan yang sudah siap dikirim masih banyak.

Satu truk pakaian siap dikirim ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Pemkot Tangsel mulai menggalang bantuan untuk korban gempa dan tsunami di dua daerah­ itu.
Namun bantuan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diharapkan berupa uang.

Untuk pakaian layak pakai, sudah ada satu truk di kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangsel.

“Kami siap mengirimkan pasokan berupa pakaian dan lain-lain kapanpun jika diminta. Barangnya tersimpan di gudang, totalnya cukup banyak mencapai satu truk. Maka kami memprioritaskan bantuan uang,” imbuhnya.

Dinsos sudah menyetop bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala berupa pakaian ataupun makanan. Selama ini, sejak menghimpun bantuan untuk gempa Lombok, Dinsos memang kebanjiran bantuan berupa pakaian dari sejumlah elemen masyarakat. “Untuk sementara kalau ada yang menyumbang pakain, akan kami tolak,” terangnya.

Dua Organisasi Perangkat Daerah seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) telah mendonasikan. “Jika sudah terkumpul kami akan membuat laporan keuangannya, “katanya.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie menjelaskan, Pemkot telah mengedarkan surat himbauan bantuan kemanusiaan melalui Dinsos sebagai leading sektor bantuan kemanusiaan.

Wakil Walikota meminta agar masyarakat Tangsel turut membantu baik doa dan donasi guna meringankan beban musibah masyarakat Palu dan Donggala.

“Bencana itu adalah musibah bersama, semoga menyadarkan kita semua untuk saling membantu untuk meringankan saudara kita yang ada di Palu dan Donggala, “singkatnya. (den)

Share this...
Print this page
Print