Untuk Kepentingan Umum

Tekan Kecelakaan, Dishub Pakai Sistem Komputerisasi

Kota Tangerang jadi finalis lndonesia Road Safety Award (IRSA) 2018.  IRSA adalah sebuah program yang digagas oleh Adira Insurance bekerja sama dengan Majalah SWA untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan sistem keselamatan di jalan raya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Saeful Rohman mengatakan, jika Kota Tangerang sudah mendapatkan penghargaan IRSA tiga kali berturut- turut dan masuk dalam kategori Kota Metropolitan.

“IRSA diraih Kota Tangerang sejak 2015, 2016, dan 2017. Dan, untuk saat ini masuk dalam kategori Excellence,” kata Saeful.

Dalam kategori Excellence ini, ada lima faktor yang harus dipenuhi yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, prilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Ada pula program khusus yang harus ditaati yakni mendorong peningkatkan pengguna kendaraan umum, edukasi jalan masyarakat, inovasi keselamatan jalan, dan penerapan smartcity keselamatan jalan.

Sementara itu, untuk inovasi keselamatan jalan, Dinas Perhubungan Kota Tangerang telah menerapkan sistem komputerisasi, sehingga lebih mudah untuk memonitor.

“Atas program tersebut, Kota Tangerang merupakan satu-satunya di Provinsi Banten yang pelaksanaan uji kendaraan bermotor berbasis teknologi informasi. Dan, telah mendapatkan sertifikat dari Dirjen Perhubungan Darat,” jelas Saeful. (rls/firda)

Berita Lainnya