Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Pembebasan Lahan Tol Serang-Panimbang Diperluas

PT Wijaya Karya (Wika) Serang-Panimbang menyampaikan akan adanya perluasan pembebasan bakal lahan Tol Serang-Panimbang sekitar 4 hektare, tepatnya di Desa Kaserangan, Kabupaten Serang.

Hal itu dilakukan karena lahan ini belum masuk dalam SK Gubernur Banten sebagai lokasi Junction Walantaka.

Manajer Bidang Lahan PT Wika Serang Panimbang, Rendy Dwiandika menjelaskan, penambahan bakal lahan terjadi karena berdasarkan desain Junction Walantaka, sebagian fisik konstruksi berada di lahan yang tidak masuk SK Gubernur Banten tentang penetapan lokasi.

Lokasi itu tepatnya berada di Desa Kaserangan Kabupaten Serang.

”Belum masuk penetapan lokasi di SK gubernur karena di sini masuk Desa Kaserangan. Penambahan di ramp 2 (penandaan lokasi konstruksi junction) di Desa Kaserang. Kalau penambahan lahan ramp 2 di Desa Cisait dan ramp 3 di Kelurahan Pengampelan sudah masuk penetapan lokasi,” kata Rendy Dwiandika.

Penambahan pembebasan bakal lahan ini membuat target awal pembahasan lahan untuk seksi 1 tol yakni dari Serang ke Rangkasbitung, bergeser. Semula pembebasan di lahan ini ditargetkan rampung pada Oktober 2018. ”(Penambahan pembebasan lahan) di Junction Walantaka,” katanya.

Ia menjelaskan, pembebasan lahan dibagi per wilayah. Di antaranya saat sudah dilakukan pembayaran untuk lahan sebanyak 1.558 bidang di Kabupaten dan Kota Serang, dari total 2.218 bidang lahan dengan luas sekitar 150 hektare.

Kemudian, pembayaran lahan di wilayah Kabupaten Lebak sebanyak 746 bidang dari total 2.722 bidang lahan seluas 358 hektare. Sedangkan di Kabupaten Pandeglang, dari 1.492 bidang lahan seluas 240 hektare, 495 di antaranya sudah dibebaskan.

”Total dari 6.432 bidang lahan, 2.579 di antaranya sudah dibebaskan per 21 September. Untuk pembebasan lahan Kabupaten Lebak pada November 2018 dan Kabupaten Pandeglang di Februari 2019,” katanya.

Manajer Operasional PT Wika Serang-Panimbang, Muhamad Ali menuturkan, pengerjaan konstruksi tol Serang-Panimbang dibagi menjadi tiga seksi. Seksi 1 yakni dari Serang sampai Rangkasbitung, seksi 2 Rangkasbitung sampai Cileles dan Seksi 3 dari Bojong sampai Panimbang. Seksi 1 dan 2 memiliki panjang kurang lebih 50,67 kilometer.  (eni/firda)

Berita Lainnya