Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Produk UKM Tangsel Mencuri Perhatian

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop & UKM) menggelar kurasi produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) jelang pelaksanaan Bazar.

Pelaksana tugas Kepala Bidang Promosi, Perkembangan dan Pengutan UMKM, Nurhayati, menjelaskan, kegiatan ini merupakan kurasi produk UMKM yang akan tampil di bazaar yang lebih besar nanti.

Maka itu adanya bazar ini diharapkan akan memacu pelaku usaha kecil menengah untuk lebih meningkatkan kualitas produknya agar menghasilkan produk mumpuni.

Nah, ini yang harus terus didorong supaya menghasilkan produk hebat serta berkualitas. Maka itu, dirinya yakin ke depan produk asli kota Tangsel akan diterima baik lantaran kualitasnya yang berkelas dan bisa diterima pasar.

“Agar bisa diterima pasar, kelengkapan izin dan lain sebagainya juga harus dipenuhi. Begitupun dengan kemasannya mesti menarik. Apalagi nanti Mereka yang akan memasarkan produknya di bazar Harkopda mendatang, di kurasi terlebih dahulu, kita seleksi terlebih dahulu. Yang kemasannya belum menarik diperbaiki, yang belum ada lebal halalnya diurus. Yang sudah bagus harus dipelihara dan ditingkatkan lagi,”ungkapnya.

Dia mengatakan, ada 100 produk yang dikurasi, produknya terdiri dari berbagai jenis makanan, minuman dan tas, serta asesoris lainnya.

“Kita menyiapkan stand dalam bazar tersebut sebanyak 70 stand, nanti yang lulus kurasi bisa mengikuti bazzar yang berlangsung selama empat hari ini,”jelasnya.

Sementara dalam kurasi tersebut, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mencicipi produk yang disajikan UMKM pada kurasi produk tersebut.

”Pesan saya, sebagai konsumen. Menekankan untuk bisa menarik kemasannya. Kemudian, rasanya juga harus berkualitas untuk barang makanan dan minuman,” ucapnya

Ia menambahkan sejauh ini, produk yang dicicipi, semuanya layak untuk dipamerkan. ”Saya menilai, semuanya layak, satu persatu telah saya lihat dan mencobanya. Tinggal nanti, kalau waktu pameran. Penempatan stan strategis, mudah dilihat pengunjung,” tukasnya.

Plt Kepala Dinkop UKM Kota Tangsel Dahlia Nadeak mengatakan, pihaknya akan terus mendorong agar produk UKM bisa diterima pasar domestik maupun internasional. Mengingat karya yang dihasilkan diyakininya memiliki potensi besar berkembang.

Apalagi jika ditopang kemasan maupun kelengkapan lainnya. Hal itu menambah daya tarik lantaran pangsa pasar juga perlu didorong legalitas untuk menunjang sebuah produk.

Tanpa hal itu rasanya sulit untuk dapat mewujudkan produk-produk olahan yang mumpuni serta punya daya saing hebat. Nah, ini yang mesti ditampilkan agar untuk menopang produk hebat.

“Kita terus untuk mendukung supaya produk yang dihasilkan punya daya saing hebat dan dapat bersaing di pasaran nasional dan internasional,” imbuhnya. (adv)

Berita Lainnya