Salah Tuai Gol Kemenangan untuk Liverpool

oleh -
Gol tunggal Mohammed Salah.

Gol tunggal Mohamed Salah memenangkan Liverpool dalam kunjungan ke John Smith’s Stadium, kandang Huddersfield Town, pada pekan kesembilan Liga Primer Inggris, Sabtu (20/10). Salah mencetak golnya di menit ke-24, memaksimalkan umpan terobosan Xherdan Shaqiri.

Beberapa hari sebelum pertandingan, Salah diragukan tampil karena menderita cedera otot saat membela Tim Nasional Mesir di pertandingan melawan Swaziland. Nyatanya Salah tampil cukup baik semalam. Liverpool Echo memberi nilai 8 (dalam skala 1-10) untuk sang penyerang.

Dengan satu golnya tadi malam, Salah berhasil memutus catatan yang kurang menyenangkan. Dalam tujuh pertandingan tandang terakhirnya bersama Liverpool, Salah tidak mencetak satu gol pun.

Di Liga Primer, Salah baru mencetak empat gol dari sembilan pertandingan. Terakhir Salah mencetak gol pada saat pertandingan Liverpool mencukur Southampton tiga gol tanpa balas di pekan ke-6. Penampilannya musim ini tidak buruk-buruk amat, namun dinilai tidak segemilang musim lalu. Salah sendiri tak ambil pusing dengan mampetnya keran gol.

“Saya tidak khawatir, saya tidak khawatir,” ujar Salah kepada BT Sport. “Untuk saya, yang paling penting adalah tim. Selama saya membantu tim meraih poin, saya tidak khawatir.”

Jurgen Klopp, manajer Liverpool, memuji proses gol Salah.

“Shaqiri bermain bagus,” ujar pria berkebangsaan Jerman tersebut. “Umpan yang diberikannya juga bagus, pergerakan yang bagus. Shaq menjalankan tugasnya dengan sungguh luar biasa sehingga Mo bisa mencetak gol. [Shaqiri] berlari dengan meyakinkan dan ada penyelesaian akhir yang apik [dari Salah] disana, jadi keseluruhan prosesnya bagus.”

Liverpool telah meraih tujuh kemenangan dari sembilan laga. Sejak musim 2008/09, ini pencapaian terbaik Liverpool di sembilan pertandingan pembuka. The Redssejauh ini telah mengumpulkan 23 poin, 10 poin lebih banyak dari pencapaian mereka di titik yang sama musim lalu.

Bersama Chelsea dan Manchester City, Liverpool menjadi kesebelasan yang belum terkalahkan sejauh ini. Raihan poin Liverpool sama banyak dengan City yang menduduki posisi teratas, hanya kalah selisih gol.

“Mungkin ini periode pertama dalam hidup saya di mana kami memenangi pertandingan [dengan] biasa-biasa saja,” ujar Klopp dalam jumpa pers pasca-pertandingan. “Kami tidak bisa menulis buku tentang cara memenangi piala malam ini. Hanya ada satu cara, dan caranya adalah memenangi pertandingan. Dan ada banyak cara [untuk menang].

“Sejujurnya, kadang saya lebih suka cara [menang] yang spektakuler, tapi saya menerima hari ini sepenuhnya dan saya mengerti kenapa begitu.”

Selain Salah, kabar baik juga datang dari Adam Lallana yang kembali tampil sejak menderita cedera pangkal paha pada Januari. Lallana bermain di posisi sayap kiri, menggantikan Sadio Mane yang menderita cedera jari. Lallana tampil selama 69 menit, digantikan Fabinho.

“Saya kira saya sudah melakukan semua yang terbaik untuk bermain. Sangat menyenangkan bisa berkontribusi lagi untuk tim ini setelah sekian lama. Memang tidak mudah. Saya pikir mereka juga memiliki banyak peluang untuk bertahan di liga dan tampil bagus. Ini tiga poin yang sangat berarti bagi kami,” ungkap Lallana setelah pertandingan.

Share this...
Print this page
Print