Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Cagar Budaya Dijadikan Tempat Mesum

Bangunan cagar budaya di Kecamatan Kasemen atau Banten Lama sering dijadikan lokasi mesum oleh pasangan muda-mudi. Salah satunya, yaitu di Benteng Speelwijk yang terletak di Kampung Pamarican.

Anggota DPRD Kota Serang dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kasemen, Agus Sutisna mengatakan, banyak pengaduan dari masyarakat terkait kondisi cagar budaya yang sering dijadikan tempat mesum.

Ia prihatin, benda cagar budaya yang merupakan peninggalan dan bagian dari sejarah ini digunakan untuk hal yang kurang baik. Apalagi di Banten Lama merupakan kawasan religius.

“Ke depan kami akan minta kepada pemkot melalui kecamatan atau kelurahan dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) untuk lebih diawasi lagi, agar tak terjadi lagi hal yang seperti di Benteng Speelwijk,” katanya, Rabu (24/10).

Wakil Ketua Lembaga Pemangku Wisata Surosowan Banten, Amar Ahsan membenarkan hal tersebut. Di beberapa cagar budaya yang berada di Kasemen sering dijadikan tempat pacaran para muda-mudi. Hal tersebut, tentunya menjadi pemandangan yang dinilai tidak enak untuk dilihat ketika ada pengunjung yang datang ke Banten Lama.

“Kemarin saja waktu acara Surosowan, pas HUT Banten. Pada malam harinya saya menjumpai muda-mudi yang sedang mojok,” katanya.

Menurut dia, hal tersebut terjadi kemungkinan, karena tidak ada yang mengawasi. Untuk itu, dia berharap, ada petugas, karena jika ini dibiarkan daerah sekitar akan dinilai buruk.

“Biasanya yang melakukan hal itu orang jauh, bukan warga sekitar. Malam atau sore biasanya ada saja yang pacaran. Biasanya saya suka temukan itu di Kaibon, Surosowan, dan Benteng Speelwijk,” katanya. (eni/firda)

Berita Lainnya