Untuk Kepentingan Umum

Indonesia Ikuti International Expo Road To Dubai

Kementerian Perdagangan (Kemendag) saat konferensi pers Indonesia Road To Dubai di ICE BSD City Kabupaten Tangerang, Kamis (25/10/2018).

Indonesia melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan berpartisipasi dalam expo kelas internasional di Dubai, atau Road to Dubai 2020. Adanya partisipasi Indonesia dalam kegiatan ini, diklaim mampu mendorong berbagai macam potensi yang dimiliki Indonesia.

“Tahun lalu pemerintah UEA (Uni Emirat Arab) mengundang kita di dalam Dubai World Expo. Paviliun Indonesia yang hadir dalam kegiatan ini nantinya dapat mempromosikan peluang investasi, bisnis maupun pariwisata di Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Arlinda dalam konferensi pers di ICE BSD City Kabupaten Tangerang, Kamis (25/10/2018).

Diungkapkan Arlinda, Indonesia adalah satu dari 180 negara peserta yang akan ikut dalam ajang ini. Menurutnya, partisipasi Indonesia dalam kegiatan ini dapat menunjukkan ‘image’ dari suatu negara.

“Diperkirakan akan ada 25 juta pengunjung. Masing-masing negara akan mempromosikan negaranya, sehingga akan dikenal mancanegara. Pameran ini adalah langkah penting untuk menunjukkan potensi Indonesia di pasar global,” tutur Arlinda.

Sementara itu, Kemendag telah menunjuk Samudra Dyan Praga akan membantu dalam pembuatan konsep paviliun Indonesia. Presiden Direktur Samudra Dyan Praga, Hariman Zagloel mengatakan pihaknya sudah menyiapkan tim khusus untuk persiapan dalam dua tahun ke depan.

“Expo ini kelasnya kayak piala dunia atau olimpiade olahraga seperti Asian games hanya saja kesadaran masyarakat yang kecil, jadi kurang menganggap ini penting. Dengan ajang ini, disini kita mengendepankan nation branding,” jelas Hariman.

Hariman menuturkan, tantangan yang ada dalam expo ini juga turut dapat mengembangkan perdagangan. “Pekerjaan rumah kita berpikir untuk menciptakan masa depan yang jauh lebih baik dari sekarang, kita punya waktu 2 tahun. Semoga siapapun yang lihat paviliun kita nanti Indonesia dianggap penting oleh mereka,” tukasnya.

Sebagai informasi, Expo 2020 Dubai merupakan even skala internasional yang diadakan 5 tahun sekali. Sebelumnya, acara ini telah sukses diadakan di Milan. Nantinya, pameran ini akan diadakan selama enam bulan, yakni dari Oktober 2020 hingga April 2021. (den)

Berita Lainnya