Untuk Kepentingan Umum

Sachrudin: OPD Tak Bisa Jalan Sendirian, Perlu Koordinasi

Program pembangunan tidak bisa berjalan sendirian. Perlu ada kebersamaan dan kerjasama dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serta ditambah dengan kesadaraan masyarakat. Juga stakeholders agar hasilnya bisa langsung dirasakan bersama.

 

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin dalam Acara Hari Aksi Pengendalian Iklim 2018 di Gedung Manggala Wanabakti, DKI Jakarta, Kamis (25/10).

 

Sachrudin menyatakan bahwa Pemkot Tangerang sudah melakukan pembinaan, pendampingan, dan pelatihan untuk menghadapi perubahan iklim di daerah perkotaan khususnya Tangerang.

 

“Kita lakukan pembinaan, pelatihan, serta pendampingan baik internal maupun eksternal, sehingga bentuk program seperti Kampung Iklim ini betul-betul terasa hasilnya,” katanya

 

Sachrudin menambahkan budaya bangsa seperti gotong royong dan kerja bakti yang hampir punah di masyarakat terutama daerah perkotaan, harus ditumbuhkan kembali.

 

“Memang yang dibutuhkan masyarakat sekarang bentuk kerja bakti atau gotong royongnya itu adalah bagaimana cara mereka berinteraksi, komunikasi, dan membahas persoalan di wilayah tempat tinggal mereka bagaimana bisa diselesaikan bersama,” jelasnya.

 

Kata dia, pimpinan daerah harus turun kebawah, bekerjasama dengan semua pihak dan merangkul seluruh elemen masyarakat guna keberhasilan dan kemajuan sebuah kota.

Ada tiga hal yang harus diingat. Mendukung program pemerintah, menyambutnya dengan baik, dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

 

“Memang yang paling penting itu adalah Sumber Daya Manusia. Jadi SDM dari suatu kota itulah yang dapat merubah wajah kota tersebut. Oleh karenanya, pembinaan ditingkat bawah seperti RT dan RW sangat di perlukan,” ungkapnya. (rls/firda)

Berita Lainnya