Untuk Kepentingan Umum
Pemkot Tangsel

Ikuti Pelatihan Kementerian PUPR, Pejabat Pemkot Tangerang Pelajari Ilmu Kontruksi

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat berbagi pengalaman pembangunan Kota Tangerang di peatihan Kementrian PUPR, Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengikuti pelatihan Beton Pracetak Prategang Konstruksi Gedung Bertingkat/Jalan Layang yang diadakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Arief juga mengajak beberapa pejabat seperti Plt Asisten II bidang Pembangunan dan Kesra, Sugiharto Achmad Bagdja, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PU Tatang Sutisna dan juga Kepala Dinas Perkim Dafyar Eliadi, selain itu dia juga mengikutsertakan beberapa staf teknis dari Dinas PU dan Perkim.

Arief juga berkesempatan untuk mengikuti studi lapangan yang diadakan di Menara Waskita Rajawali, Cawang. Arief bersama beberapa pejabat terlihat serius mendengarkan paparan dari nara sumber yang berasal dari Waskita.

“Kita ikut belajar karena perkembangan dunia konstruksi begitu cepat,” ujarnya saat acara pembukaan pelatihan.

“Kita ingin terus bisa meng-updateperkembangan dunia konstruksi. Sehingga pembangunan yang kita lakukan bisa semakin cepat dan efisien. Terlebih saat ini kita sedang menyiapkan beberapa proyek besar seperti Sport Center termasuk juga stadion dan juga Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions (MICE),” paparnya.

“Kami selama ini melakukan proyek yang kecil-kecilan 5 sampai 8 lantai dan juga pembangunan lain yang representatif dan memadai buat masyarakat,” ujarnya.

Dengan mengikuti pelatihan ini, lanjut Arief pihaknya berharap hasil pembangunan konstruksi di Kota Tangerang bisa lebih berkualitas.

“Mungkin ini (teknik pembangunan pracetak) juga bisa ditularkan ke kontraktor lokal di Tangerang,” pungkasnya.

Sementara itu, Project Manager Menara Waskita Rajawali Anas Magfurlah menjelaskan bahwa teknik Beton Pracetak Prategang Konstruksi Gedung Bertingkat sangat efisien, aman dan ramah lingkungan.

“Karena kita menggunakan cetakan yang bisa dipakai secara berulang,”

“Dari sisi waktu pengerjaan juga lebih cepat,” tuturnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Jasa Kontruksi Wilayah III bekerja sama dengan Ikatan Ahli Pracetak Prategang Indonesia (IAPPI), dan Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Beton Pracetak Prategang Konstruksi Gedung Tinggi/Jalan Layang.

Peserta pelatihan merupakan para pekerja dari berbagai perusahaan konstruksi, konsultan pengawas, dan konsultan perencana yang terlibat dalam proyek konstruksi layang baik yang didanai oleh APBN, BUMN, maupun Swasta. (den)

Berita Lainnya